Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Lansia dengan Mengkonsumsi Makanan Berikut

Lansia July 12, 2023 Penulis : Mirna S
Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Lansia dengan Mengkonsumsi Makanan Berikut

Pada usia yang tak lagi muda, lansia membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berbeda pula. Belum seluruh makanan baik dikonsumsi oleh lansia, terdapat beberapa jenis makanan yang memiliki manfaat tinggi bila dikonsumsi. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh lansia?

1. Memperbanyak Makanan Berserat

Makanan tinggi serat memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan lansia, berbagai penyakit yang biasa lansia alami dapat terhindar jika lansia memperbanyak makan makanan berserat. Makanan tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, mencegah atau meringankan gejala sembelit, hingga menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Makanan Berprotein

Makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan, daging, hati ayam, hingga berbagai olahan kedelai merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh lansia. Karena berbagai jenis makanan tersebut memiliki protein tinggi yang berperan dalam menjaga sistem metabolisme, daya tahan tubuh, massa otot, dan memiliki dampak positif bagi otak.

Protein yang dibutuhkan oleh lansia juga berbeda daripada orang dewasa atau anak-anak, melansir penelitian PROT-AGE terhadap kebutuhan protein lansia, lansia yang sehat dianjurkan mengkonsumsi 1-1.2 gram protein per kilogram berat badan setiap harinya.

3. Susu dan Produk Olahanya

illustrasi susu dan produk olahanya

Source Image: Pexels

 

Kandungan kalsium, kalium, dan vitamin D yang ada pada susu dan produk olahannya memiliki peran penting menjaga kesehatan lansia. Kalsium merupakan kandungan penting yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada lansia, seiring bertambahnya usia lansia sehat disarankan mengkonsumsi 700-1200 mg kalsium per harinya. 

Vitamin D yang terkandung pada susu dan produk olahannya juga memiliki dampak baik bagi kesehatan tulang lansia, karena vitamin D dapat membantu proses penyerapan kalsium dari makanan.

Tak hanya itu, kandungan kalium pada susu dan produk olahannya juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada lansia. Namun, tidak semua susu baik untuk dikonsumsi oleh lansia, beberapa produk susu yang tinggi lemak justru memiliki dampak buruk jika dikonsumsi berlebih oleh lansia.

Baca Juga: 8 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Status Gizi Lansia

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki omega 3, serat, dan protein yang tinggi, kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung lansia. Jenis kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kacang mede, hingga kenari baik untuk dikonsumsi sebanyak lima porsi sebesar 1 ons setiap minggunya.

5. Makanan Bervitamin Tinggi

Makanan bervitamin tinggi seperti aneka buah dan sayur sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia. Sayuran seperti brokoli, kangkung, bayam, tomat, hingga wortel adalah jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh lansia. Kamu bisa mencoba memberikan olahan dari berbagai sayur tersebut agar kesehatan dan daya tahan tubuh lansia terjaga dengan baik.

Lalu, buah-buahan seperti pisang, kiwi, dan aneka buah berry dapat memberikan berbagai dampak baik bagi sistem pencernaan lansia. Tak hanya itu, jenis buah-buahan itu juga bisa meringankan gejala hipertensi pada lansia. 

Baca Juga: Selain Memperhatikan Pola Makan, Ini 8 Hal Yang Harus Dipahami Dalam Menjaga Kesehatan Lansia

6.   Makanan Berpati Tinggi

Makanan yang berpati tinggi, seperti jagung, gandum, nasi, hingga kentang memiliki kandungan karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi lansia. Makanan berpati tinggi juga memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang baik bila dikonsumsi lansia.

Kamu bisa berkonsultasi terkait gizi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk Lansia dengan dokter profesional di klinik kirana, lihat detail nya di sini

Sudah di Tinjau oleh Dr. Hadi

  • PROT-AGE. Diakses 2023. Evidence-based recommendations for optimal dietary protein intake in older people.

  • Yankes Kemkes. Diakses 2023. Gizi Seimbang untuk Lansia
Artikel Terkait
Artikel Terbaru