Jangan Salah, Ini Tugas Perawat Home Care dan Jenisnya!

Perawatan May 31, 2023 Penulis : Mirna S
Jangan Salah, Ini Tugas Perawat Home Care  dan Jenisnya!

Perawat home care merupakan sebuah profesi keperawatan yang bertugas di pelayanan kesehatan home care. Tugasnya adalah melayani panggilan kesehatan dari rumah pasien sesuai dengan kebutuhannya. Perawat yang bekerja di layanan ini lebih sering dibutuhkan oleh pasien yang ingin mendapat tindakan medis namun enggan ke rumah sakit karena jauh maupun faktor lainnya.

Tugas dan Fungsi Utama Perawat Home Care

Perawat home care memiliki beberapa tugas utama yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasien, mulai dari pengecekan kesehatan hingga ketersediaannya. Kemudian, semua tugas tersebut diperjelas lagi menjadi beberapa poin, seperti:

Memberikan Perawatan dan Pengawasan Kepada Pasien di Rumah

Sesuai dengan namanya, perawat home care bertugas untuk merawat pasien sebaik mungkin agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Perawatan di sini bisa dalam artian menjaga kondisi lingkungan hingga pribadi dari pasien maupun perawatan yang berkaitan dengan medis.

Tidak hanya merawat saja, mengawasi pasien juga termasuk tugas perawat home care. Memastikan semua aman terkendali jadi misi utama, seperti melakukan pemeriksaan rutin, pemantauan tekanan darah, dan lain sebagainya. Hal seperti ini umum dilakukan kepada semua pasien, khususnya lansia.

Membantu Pemasangan Alat Medis yang Dibutuhkan Pasien

Setiap pasien memiliki kebutuhan masing-masing dalam menghadapi masalah kesehatannya. Karena itulah baik alat medis maupun penunjang lain wajib disediakan. Nantinya, perawatlah yang akan mengoperaasikan semua hal tersebut, termasuk pemasangan alat medis seperti infus, swab test, oksigen, injeksi vitamin, akupuntur, dan masih banyak lagi.

Semua alat medis memerlukan prosedur yang benar agar dapat berfungsi dengan sempurna. Ini juga alasan mengapa pemasangan alat medis menjadi tugas utama seorang perawat home care.

Lihat detail mengenai salah satu alat medis berupa infus yang dapat digunakan untuk homecare di artikel ini

Membantu Pasien Untuk Melakukan Kegiatan Sehari-hari

Tugas perawat home care berikutnya adalah membantu pasien dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Di beberapa momen, pasien mungkin memiliki keterbatasan tertentu seperti pendengaran, berbicara, atau bahkan mobilitas. Khususnya jika menjadi perawat bagi lanjut usia dimana fungsi indra mulai menurun.

Tidak sampai di situ saja, perawat juga harus membantu pasien dalam menangani hal khusus. Contohnya pada perawat baby care yang harus menangani bayi baru lahir sekaligus memberikan arahan pada ibunya. Poin ini juga merupakan bagian dari merawat tadi dimana membantu artinya siap menemani pasien setiap kali dibutuhkan baik keseharian maupun dalam event tertentu.

Membantu Pasien untuk Makan Teratur

Manusia membutuhkan makanan setidaknya 3 kali dalam sehari yang artinya hal ini sangat penting bagi pasien. Pola makan teratur dapat membantu proses penyembuhan pasien serta menjaga kesehatannya di waktu yang bersamaan. Tidak hanya soal kuantitas, kualitas makanan juga patut jadi pertimbangan.

Seorang perawat home care harus memberikan makanan dengan asupan gizi yang tepat. Tujuannya adalah agar kondisi pasien bisa jadi lebih baik. Selain itu, hal ini juga akan membantu keluarga pasien ketika mereka tidak tahu tentang bagaimana cara mengatur makan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya.

Monitoring Kondisi Pasien dan Memberikan Laporan kepada Keluarga maupun Dokter

Seorang perawat ditugaskan untuk memantau kondisi pasien secara berkala dari waktu ke waktu. Artinya, perawat harus memahami bagaimana cara melakukan pemeriksaan kesehatan / medical check up untuk kemudian dilaporkan kepada dokter. Nantinya, dokterlah yang menentukan langkah apa saja yang dibutuhkan ke depannya.

Selain ke dokter, perawat juga bisa menyerahkan laporan ke keluarga sebagai bukti perkembangan pasien. Bagi keluarga, mengetahui keadaan pasien adalah hal paling penting mengingat ia merupakan salah satu orang terdekatnya. Laporan ini juga bisa membantu diskusi antara keluarga dengan tim medis ke depannya terkait kondisi pasien.

Memberikan Obat dan Mengatur Jadwal Konsultasi ke Dokter

Sebagai seorang perawat home care, memberikan obat sudah jadi tugas umum. Memastikan pasien meminum obat secara teratur sesuai dengan arahan dokter merupakan poin penting yang harus dilakukan. Terlebih lagi obat pasien langsung berkaitan dengan kondisi kesehatannya.

Selain itu, seorang perawat juga harus bisa mengatur jadwal konsultasi antara pasien atau pihak keluarga dengan dokter untuk membahas keadaan yang ada. Tidak seperti jalur umum di rumah sakit, home care lebih fleksibel sehingga proses penjadwalan harus dibicarakan antara dokter dan pasien / pihak keluarga.

lihat penyakit ringan yang bisa diobati di rumah secara rawat jalan di artikel ini

Jenis Perawat Home Care

Home care biasanya memiliki beberapa jenis layanan perawat agar pasien mendapat pelayanan terbaik. Hal ini dikarenakan setiap perawat telah dibagi ke beberapa kategori sesuai dengan keahliannya. Di bawah ini adalah beberapa jenis perawat home care yang biasa dibutuhkan dalam melayani kesehatan di rumah.

Perawat Home Care

Jenis perawat ini melayani tindakan medis dan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien secara umum. Jenis perawat ini cenderung bekerja dalam kasus umum, mulai dari kondisi penyakit hingga kebutuhan khusus, terutama bagi pasien dengan penyakit keras atau berjangka panjang. Tugas perawat ini kurang lebih sama persis dengan yang sudah kami jelaskan di atas, seperti:

  • Merawat dan mengawasi pasien

  • Membantu pemasangan alat medis

  • Membantu pasien menjalani aktivitas sehari-hari

  • Memberikan sekaligus menjaga pola makan pasien

  • Monitoring kondisi

  • Memberikan obat

  • Mengatur jadwal konsultasi dengan dokter

Bagi seorang perawat, wajib juga untuk mampu beradaptasi dengan segala kondisi yang mungkin saja terjadi selama bertugas. Semua harus dilakukan dengan hati-hati dan profesional karena berkaitan dengan kesehatan orang lain.

Perawat / Pendamping Lansia

Perawat home care jenis ini harus memilki kesabaran yang lebih karena tingkah laku seseorang yang menginjak lanjut usia tidak dapat diprediksi. Pada beberapa momen tertentu, lansia cenderung mengeluarkan sifat seperti anak kecil. Karena itulah terkadang beberapa orang mengalami kebingungan bagaimana menghadapi lansia dan berujung pada salah mengambil keputusan hingga penelantaran.

Pada tahun 2005, jumlah lansia terlantar menyentuh angka 15% dari total keseluruhan populasi lansia di Indonesia. Jumlah ini dapat terus meningkat karena adanya potensi kesalahpahaman terhadap apa yang lansia ingin / butuhkan. Di sinilah peran perawat / pendamping lansia (caregiver) dibutuhkan. Tidak hanya soal tindakan, perawat lansia juga harus bisa:

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin

  • Memantau tekanan darah dan gula

  • Penanganan penyakit kronis

  • Memenuhi kebutuhan kesehatan umum lansia

  • Membuat nyaman lansia di lingkungan rumahnya

Semua itu penting mengingat kondisi kesehatan lansia yang dapat berubah sewaktu-waktu. Berkat itu, perawat juga wajib beradaptasi dengan kondisi pasien. Pastinya, semua itu harus dilakukan secara profesional dan penuh ramah

Baca Juga: 8 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Status Gizi Lansia

Perawat / Bidan Ibu dan Anak

Lahirnya sang buah hati tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Namun, bagaimana jika masih belum berpengalaman dan tidak paham tentang apa saja yang harus dilakukan setelah melahirkan? Nah, di sinilah perawat home care bertugas. Perawat di bagian ibu dan anak akan membantu dalam hal menjaga bayi agar mendapat pelayanan tepat.

Tidak hanya pada anak, perawat jenis ini juga dapat membantu ibu dengan cara memberikan edukasi terkait apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana menindak bayi ketika baru lahir. Di beberapa kesempatan, perawat juga dapat berperan dalam mengasuh balita untuk memastikan tumbuh kembangnya. Tentu saja semua itu termasuk pemeriksaan kesehatan ibu dan anak.

Itulah penjelasan tentang bagaimana tugas perawat home care dan jenisnya. Apabila membutuhkan layanan perawat home care yang mampu memenuhi semua kebutuhan kesehatan di rumah, kamu bisa cek halaman Layanan Kesehatan HOMECAREDOKTER. Di situ, kamu akan menemukan berbagai layanan kesehatan home care profesional yang:

  • Dapat menyesuaikan kebutuhan pasien

  • Memiliki layanan medis yang lengkap

  • Tenaga medis dan perawat profesional berpengalaman

  • Tersedia 24 jam

  • Biayanya transparan

  • Mengutamakan kenyamanan layanan kesehatan meskipun di dalam rumah

Cukup dengan menghubungi HOMECAREDOKTER, kamu sudah bisa mendapat pelayanan kesehatan terbaik di Indonesia. Tenang saja, customer care tersedia selama 24 jam untuk merespon segala kebutuhan. Segera kunjungi laman homecaredokter.com untuk informasi lebih lanjut.

Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

  • Maryam Siti R, Rosidawati, Riasmini Made Ni, Suryati Eros Siti (2012), BEBAN KELUARGA MERAWAT LANSIA DAPAT MEMICU TINDAKAN KEKERASAN DAN PENELANTARAN TERHADAP LANSIA
  • Sumber Gambar: Canva Pro Collection
Artikel Terkait
Artikel Terbaru