9 Penyebab Anda Sakit Radang Tenggorokan

Penyakit Umum December 28, 2023 Penulis : Mirna S
9 Penyebab Anda Sakit Radang Tenggorokan

Tenggorokan yang terasa sakit, kasar, atau teriritasi sering kali semakin memburuk saat menelan. Penyebab paling umum radang tenggorokan (faringitis) adalah infeksi virus, seperti flu atau pilek. Tenggorokan yang terkena virus umumnya akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus.

Namun, ada juga radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti Streptococcus. Radang tenggorokan jenis ini memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

Gejala dari radang tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya. Tanda dan gejala yang mungkin muncul meliputi: rasa sakit atau sensasi gatal di tenggorokan, nyeri yang memburuk saat menelan atau berbicara, kesulitan menelan, kelenjar yang sakit dan bengkak di leher atau rahang.

Selain itu, ada juga gejala lain yang bisa menjadi tanda tenggorokan yang meradang meliputi: tonsil yang bengkak dan berwarna merah, adanya bercak putih atau nanah pada tonsil, serta suara yang serak atau suara yang teredam (tidak jelas).

Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti demam, batuk, pilek, bersin, nyeri tubuh, sakit kepala, mual atau muntah. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab umum radang tenggorokan, serta kapan sebaiknya Anda harus pergi ke dokter.

Berapa Lama Sembuh dari Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan memunculkan pertanyaan seputar durasi penyembuhannya. Waktu yang diperlukan untuk sembuh dari radang tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, apakah itu disebabkan oleh virus, bakteri, atau faktor lainnya.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus flu atau rhinovirus yang menyebabkan pilek. Dalam kasus ini, gejala radang tenggorokan biasanya akan mulai mereda dalam waktu 3 hingga 10 hari.

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin meresepkan antibiotik. Dengan pengobatan antibiotik, gejala biasanya membaik dalam beberapa hari. Penting mengonsumsi antibiotik sesuai yang diresepkan dokter, biasanya sekitar 10 hari, untuk memastikan bahwa bakterinya teratasi.

Baca Artikel Selanjutnya disini: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dan Rekomendasi Obatnya

Penyebab Umum Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi virus dan bakteri hingga alergi dan kondisi medis tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab umum radang tenggorokan beserta penjelasannya meliputi:

1. Infeksi Virus

Infeksi virus merupakan penyebab umum radang tenggorokan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti pilek, flu, mononukleosis, campak, cacar air, dan COVID-19, dapat memicu peradangan pada tenggorokan. Jika Anda mengalami gejala radang tenggorokan setelah berkontak dengan seseorang yang terinfeksi COVID-19, ini bisa menjadi tanda potensial infeksi virus.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri, terutama Streptococcus grup A, dapat menyebabkan radang tenggorokan. Bakteri penyebab infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang intens dan disertai dengan demam, ini bisa menjadi gejala radang tenggorokan.

3. Alergi

Ketika sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, sistem kekebalan akan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan. Lendir berlebih di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan (postnasal drip) dan dapat mengiritasi tenggorokan.

4. Kekeringan

Udara dalam ruangan yang kering dapat membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal. Bernafas melalui mulut, yang sering kali terjadi karena hidung tersumbat kronis, juga dapat menyebabkan tenggorokan kering dan sakit. Jika Anda sering merasa tenggorokan kering terutama di musim kemarau atau di dalam ruangan dengan pemanas, kekeringan mungkin menjadi penyebabnya.

5. Iritasi

Polusi udara luar dan polusi udara dalam ruangan seperti asap rokok atau bahan kimia dapat menyebabkan radang tenggorokan secara kronis. Mengunyah tembakau, mengonsumsi alkohol, dan makan makanan pedas juga dapat mengiritasi tenggorokan. Jika Anda merokok atau sering berada di lingkungan berpolusi, ini dapat memicu gejala radang tenggorokan.

6. Cedera Otot Tenggorokan

Otot di tenggorokan tegang dapat terjadi akibat berteriak, berbicara keras, atau berbicara dalam waktu lama tanpa istirahat. Jika Anda baru saja mengalami kejadian seperti pertandingan olahraga atau pertunjukan musik dan merasa tenggorokan sakit setelah itu, kemungkinan terjadi ketegangan pada otot tenggorokan yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan.

7. Penyakit Refluks Gastroesofagus (GERD)

GERD adalah gangguan sistem pencernaan dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Selain radang tenggorokan, gejala lain termasuk mulas, suara serak, dan sensasi adanya benjolan di tenggorokan. Jika Anda sering mengalami mulas yang disertai dengan tenggorokan sakit, ini bisa menjadi tanda radang tenggorokan yang disebabkan oleh GERD.

8. Tonsilitis

Tonsilitis atau radang amandel terjadi ketika tonsil, dua tonjolan jaringan lunak di belakang tenggorokan, terinfeksi dan meradang. Jika Anda mengalami nyeri tenggorokan yang hebat, terutama ketika menelan, dan disertai pembengkakan pada area tenggorokan, ini bisa menunjukkan tonsilitis dapat menjadi penyebab radang tenggorokan.

9. Tumor

Tumor kanker pada tenggorokan, lidah, atau kotak suara (laring) dapat menyebabkan radang tenggorokan. Gejala lainnya mungkin termasuk suara serak, kesulitan menelan, napas berbunyi, benjolan di leher, dan darah dalam saliva atau dahak. Jika Anda mengalami gejala seperti suara serak yang berlangsung lama atau benjolan di leher yang tidak hilang, perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Memahami berbagai penyebab radang tenggorokan dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi faktor pemicu yang mungkin ada. Penting untuk mengamati gejala dengan cermat dan berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan jika gejala radang tenggorokan berlanjut atau memburuk.

Baca Artikel Selanjutnya disini: Gejala Radang Tenggorokan yang Harus Anda Tahu Serta pengertiannya

Kapan Harus Ke Dokter?

Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang biasanya dapat diatasi dengan istirahat dan perawatan di rumah. Namun, terdapat situasi tertentu yang menunjukkan perlunya berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah panduan kapan Anda atau anak Anda sebaiknya mencari bantuan medis:

Untuk Anak-anak

Menurut American Academy of Pediatrics, jika tenggorokan anak Anda tidak membaik setelah minum pertama di pagi hari, segera bawa anak Anda ke dokter. Selain itu, segera cari pertolongan medis jika anak Anda mengalami tanda dan gejala seperti:

  • Kesulitan bernapas.

  • Kesulitan menelan.

  • Mengalami air liur yang tidak biasa, yang mungkin menunjukkan ketidakmampuan menelan.

Untuk Dewasa

Menurut American Academy of Otolaryngology, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami tanda dan gejala berikut saat mengalami radang tenggorokan:

  • Tenggorokan sakit yang parah atau berlangsung lebih dari seminggu.

  • Kesulitan menelan.

  • Kesulitan bernapas.

  • Kesulitan membuka mulut.

  • Nyeri sendi.

  • Sakit telinga.

  • Ruam.

  • Demam lebih dari 38.3 derajat Celsius.

  • Darah dalam saliva atau dahak.

  • Tenggorokan sakit sering kembali.

  • Benjolan di leher.

  • Suara serak yang berlangsung lebih dari dua minggu.

  • Pembengkakan di leher atau wajah.

Baca Artikel Selanjutnya: 7 Penyebab Tenggorokan Anda Terdapat Luka

Memahami tanda-tanda di atas penting karena dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius atau infeksi yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Homecare Dokter by Klinik Kirana menawarkan layanan kesehatan menyeluruh dan terpercaya, seperti dokter ke rumah, suster ke rumah, infus ke rumah, dll. Homecare Dokter juga menyediakan tenaga medis profesional dan berpengalaman sesuai kebutuhan kesehatan Anda.

Dengan berkonsultasi di Homecare Dokter untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh, mengidentifikasi gejala radang tenggorokan, dan mencegah penyakit lain. Yuk, segera hubungi kami disini: Layanan Dokter ke Rumah.

Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

 

  • Cleveland Clinic. Sore Throat (Pharyngitis). Diakses pada 26/12/2023, dari https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8274-sore-throat-pharyngitis
  • Healthline. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. Diakses pada 26/12/2023, dari https://www.healthline.com/health/sore-throat
  • Mayo Clinic. Sore throat. Diakses pada 26/12/2023, dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635
  • Verywell Health. Causes of Throat Pain and Treatment Options. Diakses pada 26/12/2023, dari https://www.verywellhealth.com/throat-pain-4174240
  • Image by 8photo on Freepik https://www.freepik.com/free-photo/little-girl-suffering-from-cough-black-t-shirt-looking-sick-front-view_12494647.htm
Artikel Terkait
Artikel Terbaru