Badan Pegal Linu saat Demam, ini 5 Cara Mengatasinya

Penyakit Umum December 23, 2023 Penulis : Mirna S
Badan Pegal Linu saat Demam, ini 5 Cara Mengatasinya

Badan pegal linu saat mengalami demam merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi, banyak contoh nya seperti yang paling umum adalah flu, demam secara umum dan COVID-19. Penyakit tersebut menyebabkan peradangan yang memengaruhi jaringan otot dan saraf, sehingga menyebabkan rasa pegal dan linu secara umum saat demam.

Kenapa Badan Terasa Pegal saat Demam?

Badan sering kali terasa pegal linu saat mengalami demam, penyebabnya adalah infeksi atau bakteri yang akhirnya di respon oleh tubuh sehingga menimbulkan efek samping seperti pegal linu pada beberapa bagain tubuh, di karenakan sistem kekebalan tubuh fokus bergerak cepat untuk melawan infeksi tersebut.

Proses ini melibatkan pelepasan sel darah putih, yang bekerja untuk menghancurkan dan menghilangkan agen penyebab infeksi. Saat sel darah putih bekerja dengan intensitas tinggi, hal ini memicu peradangan di seluruh tubuh, sehingga dapat menyebabkan rasa pegal pada otot dan persendian.

Rasa pegal ini dapat dianggap sebagai tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan penyakit. Semakin kuat reaksi kekebalan tubuh, semakin parah rasa pegal yang mungkin dirasakan. Selain itu, demam yang sering menyertai infeksi juga dapat memperburuk sensasi rasa pegal ini.

Demam adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi agen penyebab infeksi, tetapi pada saat yang sama, dapat membuat tubuh terasa lemas dan tidak nyaman. Penting untuk memahami bahwa rasa pegal saat demam sebagian besar bersifat sementara dan akan mereda seiring dengan pemulihan dari infeksi.

Baca Artikel Selanjutnya: Penyebab Suhu Badan Panas Dingin saat Demam dan Cara Mengatasi

5 Cara Mengatasi Pegal Linu saat Demam

Demam sering kali disertai dengan rasa pegal linu yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah lima cara yang dapat membantu Anda mengatasi pegal linu saat demam, antara lain: 

1. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri

Mengonsumsi obat penghilang nyeri over-the-counter (OTC) dapat membantu meredakan rasa pegal linu akibat flu. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti aspirin, ibuprofen (Advil), dan naproxen (Aleve) umumnya efektif karena memiliki efek antiinflamasi (mengatasi peradangan).

2. Tetap Terhidrasi

Saat sakit flu atau demam, tubuh cenderung kehilangan cairan lebih banyak melalui keringat berlebih, muntah, atau diare. Minum banyak cairan dapat menggantikan cairan yang hilang. Hal ini tidak hanya membantu tubuh melawan infeksi tetapi juga menggantikan elektrolit yang hilang.

Elektrolit seperti natrium, kalium, magnesium, klorida, dan kalsium semua berkontribusi pada relaksasi dan kontraksi otot. Ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan kelemahan otot, kram, atau kejang. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air, kaldu, teh, atau minuman elektrolit saat demam.

3. Cukup Istirahat

Mendapatkan cukup tidur adalah langkah penting dalam melawan infeksi. Tidur yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi rasa pegal linu. Hindari aktivitas berat saat Anda demam dan pastikan untuk tidur yang cukup.

4. Relaksasi Otot dengan Panas

Mandi air hangat atau shower dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan rasa pegal linu. Jika Anda demam, jagalah air tetap hangat untuk menghindari peningkatan suhu tubuh. Demam dapat menyebabkan pusing, sehingga mandi mungkin lebih aman daripada shower, terutama untuk anak-anak.

Jika Anda tidak mengalami demam berat, bantalan pemanas atau selimut pemanas juga dapat membantu meredakan rasa pegal linu. Pastikan untuk tidak tertidur dengan bantal atau selimut pemanas, karena dapat menyebabkan tubuh Anda terlalu panas.

5. Cobalah Pijatan Lembut

Terapi pijat dapat membantu mengatasi rasa pegal linu dan mempercepat pemulihan dengan mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Hormon stres ini dapat melemahkan sistem sistem kekebalan tubuh Anda dengan merusak sel darah putih tertentu yang berperan dalam melawan penyakit.

Pijatan lembut pada otot yang tegang dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah. Meskipun terapis pijat mungkin tidak dianjurkan saat sedang sakit, meminta bantuan anggota keluarga untuk memberikan pijatan ringan dapat meringankan rasa pegal linu.

Baca Artikel Selanjutnya: 9 Penyebab Anda Sakit Radang Tenggorokan

Kapan Harus ke Dokter? 

Ketika anda mengalami demam sudah lebih dari 2 atau 3 hari berturut-turut sehingga membuat seluruh tubuh anda lemas dan susah untuk bergerak, ada baiknya anda pergi memeriksakan kondisi tubuh Anda ke dokter, atau konsultasi online dengan dokter. 

Homecare Dokter by Klinik Kirana menawarkan layanan kesehatan menyeluruh dan terpercaya ke rumah Anda langsung, seperti tes antigen & PCR, infus di rumah, dokter ke rumah, suster ke rumah, dll. Homecare Dokter juga menyediakan tenaga medis profesional dan berpengalaman sesuai kebutuhan kesehatan Anda.

Dengan berkonsultasi di Homecare Dokter untuk mengatasi demam dan pegal linu, Anda dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh, mengidentifikasi gejala demam, dan mencegah penyakit lain. Yuk, segera hubungi kami disini: Layanan Dokter ke Rumah.


Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

 

  • Image by prostooleh Freepik : https://www.freepik.com/free-photo/sick-woman-with-headache-sitting-home_9246835.htm
  • Healthline. Everything You Need to Know About Fever. Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.healthline.com/health/fever
  • UCLA Health. Why your whole body aches when you're sick (and what you can do about it). Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.uclahealth.org/news/why-your-whole-body-aches-when-youre-sick-and-what-you-can-do-about-it
  • Verywell Health. Fever. Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.verywellhealth.com/fever-symptoms-causes-and-treatment-6274441
  • Verywell Health. How to Relieve Body Aches When You’re Sick. Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.verywellhealth.com/the-flu-and-body-aches-770313
  • WebMD. Fever: Causes, Symptoms, and Treatment. Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.webmd.com/first-aid/fevers-causes-symptoms-treatments
  • WebMD. Get Relief From the Aches and Pains of a Cold. Diakses pada 22/12/2023, dari https://www.webmd.com/cold-and-flu/relief-from-cold-aches-pains
Artikel Terkait
Artikel Terbaru