Kenali 4 Gejala Flu Singapura Yang Harus Ibu Waspadai

Penyakit Umum April 7, 2024 Penulis : Mirna S
Kenali 4 Gejala Flu Singapura Yang Harus Ibu Waspadai

Sebagai ibu, tentu kita ingin selalu menjaga kesehatan anak-anak. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah Flu Singapura atau Hand foot and mouth disease. Flu Singapura adalah penyakit menular yang sering menyerang anak-anak, terutama di bawah usia 5 tahun. Penyakit ini disebabkan oleh virus enterovirus dan biasanya menyerang pada musim hujan. Flu Singapura umumnya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam 7-10 hari. Namun, beberapa anak mungkin mengalami komplikasi. Berikut adalah 5 gejala Flu Singapura yang harus ibu waspadai beserta tips penanganannya:

1. Demam Tinggi Sebagai Awal Gejala

Demam tinggi merupakan salah satu gejala awal Flu Singapura pada anak. Suhu tubuh anak dapat mencapai 38°C atau lebih, disertai rasa panas, menggigil, dan keringat dingin. Demam ini biasanya berlangsung selama 3-7 hari disertai sakit tenggorokan yang membuat anak sulit menelan.

Cara Menangani:

  • Berikan anak banyak minum air putih (minimal 8 gelas per hari) untuk mencegah dehidrasi. Demam dapat menyebabkan anak kehilangan banyak cairan tubuh, sehingga penting untuk memastikan mereka minum cukup air.

  • Gunakan kompres air hangat di dahi, leher, dan ketiak anak untuk membantu menurunkan demam. Kompres air hangat dapat membantu meredakan rasa panas dan tidak nyaman akibat demam.

  • Berikan obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang dianjurkan. Obat penurun panas dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak dan meredakan rasa tidak nyaman.

  • Pastikan anak cukup istirahat. Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu pemulihan anak. Ciptakan suasana yang tenang dan nyaman agar anak dapat tidur dengan nyenyak.

2. Muncul Ruam dan Lepuh pada Tangan dan Kaki

Munculnya lepuh dan ruam merah disertai bintik-bintik kecil pada telapak tangan, kaki, dan mulut merupakan salah satu ciri khas Flu Singapura. Gejala yang satu ini dapat terasa gatal dan membuat anak Anda mungkin akan rewel karena tidak nyaman. Ruam ini biasanya muncul selama 3-7 hari.

Cara Menangani:

  • Pastikan anak tidak menggaruk ruam karena dapat menyebabkan infeksi. Menggaruk ruam dapat membuat luka dan memperparah rasa gatal, oleh karena itu Anda sebagai orangtua harus memastikan kebersihan kuku tangan anak Anda dan jangan biarkan mereka menggaruk ruamnya.

  • Berikan bedak pereda gatal atau losion untuk membantu meredakan gatal pada ruam anak. Bedak pereda gatal dapat membantu mendinginkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

  • Mandikan anak dengan air hangat dan sabun yang lembut.

  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk anak. Pakaian yang longgar dapat membantu mengurangi rasa gatal pada ruam.

3. Munculnya Sariawan 

Sariawan juga merupakan gejala dari flu singapura ini. Sariawan inilah yang dapat menyebabkan rasa sakit dan perih saat makan dan minum sehingga anak Anda bisa kekurangan cairan dan sulit untuk makan ataupun menelan. Sariawan pada anak yang terkena Flu Singapura biasanya sembuh dalam 7-10 hari.

Cara Menangani:

  • Berikan makanan dan minuman yang lunak dan tidak pedas. Makanan dan minuman yang lunak dan tidak pedas akan lebih mudah ditelan dan tidak menyebabkan rasa sakit pada sariawan.

  • Hindari makanan dan minuman yang asam dan panas. Makanan dan minuman yang asam dan panas dapat memperparah rasa sakit pada sariawan.

  • Berikan air putih yang dicampur madu untuk membantu meredakan sariawan. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sariawan.

  • Gunakan obat sariawan yang dijual bebas di apotek. Gunakan obat sariawan sesuai dengan petunjuk penggunaan dokter

4. Nafsu Makan Menurun

Nyeri tenggorokan dan sariawan di mulut dapat membuat anak tidak nafsu makan. Hal ini penting untuk diwaspadai karena dapat berakibat dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Pastikan anak minum banyak air dan konsumsi makanan bergizi yang mudah ditelan seperti sup, bubur, yogurt, dan buah-buahan. 

Cara Menangani:

  • Berikan anak makanan dalam porsi kecil dan sering. Makanan yang diberikan dalam porsi kecil akan lebih mudah diterima oleh anak.

  • Sajikan makanan yang menarik dan disukai anak. Buatlah makanan dengan bentuk dan warna yang menarik agar anak tertarik untuk makan.

  • Berikan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya vitamin C. Vitamin C dapat membantu anak melawan infeksi dan mempercepat pemulihan.

Kapan Harus Ke Dokter

Saat gejala yang Anda lihat pada anak nampak mengkhawatirkan seperti panas yang tidak turun lebih dari 3 hari, dehidrasi pada anak yang cukup parah dan lain sebagainya, ada baiknya membawa anak Anda ke Dokter, Jika Anda tidak bisa segera ke dokter, pertimbangkan untuk menggunakan layanan dokter homecare. 

Kirana Homecare menyediakan layanan panggil dokter ke rumah yang dapat membantu Anda menangani Flu Singapura pada anak. Dokter yang berpengalaman dan terpercaya akan datang ke rumah Anda untuk memeriksa anak dan memberikan pengobatan yang tepat.

Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk Flu Singapura pada anak. Layanan homecare dapat menjadi solusi yang nyaman dan efisien bagi Anda dan anak.

Pesan layanan Homecare disini:  Panggil Dokter Kerumah

 

Baca Artikel Selanjutnya: Ibu Jangan Panik, Ini 4 Fakta Penting tentang Flu Singapura

  • American Academy of Dermatology. Hand, Foot and Mouth Disease: Overview (https://www.aad.org/public/diseases/a-z/hand-foot-mouth-overview). Accessed 08/04/2024.
  • American Academy of Family Physicians. Hand, foot, and mouth disease (https://familydoctor.org/condition/hand-foot-and-mouth-disease/). Accessed 08/04/2024.
  • American Academy of Pediatrics. Hand, Foot and Mouth Disease: Parent FAQs (https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/infections/Pages/Hand-Foot-and-Mouth-Disease.aspx). Last updated 7/7/2016. Accessed 08/04/2024.
  • Centers for Disease Control and Prevention (U.S.). Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) (https://www.cdc.gov/hand-foot-mouth/index.html). Accessed 08/04/2024.
  • Guerra AM, Orille E, Waseem M. Hand, Foot, and Mouth Disease. 2023 Mar 4. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2024 Jan–. PMID: 28613736. Accessed 08/04/2024.
  • Clevelandclinic.org - Hand, Foot and Mouth Disease, https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11129-hand-foot-and-mouth-disease. Accessed 08/04/2024.
  • NHS - Hand, foot and mouth disease, https://www.nhs.uk/conditions/hand-foot-mouth-disease/. Accessed 08/04/2024.
  • Chua KB, Kasri AR. Hand foot and mouth disease due to enterovirus 71 in Malaysia. Virol Sin. 2011 Aug;26(4):221-8. doi: 10.1007/s12250-011-3195-8. Epub 2011 Aug 17. PMID: 21847753; PMCID: PMC8222466. Accessed 08/04/2024
Artikel Terkait
Artikel Terbaru