7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diare agar Cepat Sembuh

Perawatan October 20, 2023 Penulis : Mirna S
7 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diare agar Cepat Sembuh

Diare merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapapun, yang biasanya diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak higienis atau jarang mencuci tangan sebelum makan. Gejalanya juga beragam, namun yang paling umum adalah tinja menjadi encer, frekuensi buang air besar meningkat atau menurun, dan bisa mengakibatkan dehidrasi.

Diare dapat semakin parah jika kamu tidak menjaga pola konsumsi makanan dengan baik. Untuk itu kenali apa saja jenis makanan untuk mempercepat kesembuhan diaremu di artikel ini.

1. Nasi Putih atau Bubur

Makanan dengan serat yang tinggi dapat memperparah gejala diare yang terjadi. Hal ini bisa terjadi karena serat bisa memicu penumpukan gas dalam perut. Maka dari itu, sebaiknya penderita diare menghindari makanan tinggi serat selama gejala diare masih berlangsung.

Nasi putih atau bubur merupakan makanan tinggi karbohidrat yang memiliki serat yang rendah. Makanan ini bisa menjadi alternatif sumber serat untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Nasi putih dan bubur memiliki tekstur yang halus dan empuk sehingga mudah dicerna oleh usus, jadi usus tidak perlu susah payah untuk mengolahnya menjadi glukosa (gula darah).

2. Buah - buahan

Meskipun makanan yang memiliki serat tinggi tidak baik dikonsumsi saat diare, namun terdapat beberapa buah-buahan yang justru memiliki peran penting untuk meredakan diare. 

Buah dengan kandungan pektin seperti pisang dan apel, merupakan  buah dengan jenis serat yang larut dengan air. Kandungan pektin pada pisang dan apel bisa membantu mengurangi gejala diare, yaitu membantu memadatkan feses. 

Tak hanya itu, kandungan kalium pada buah pisang dan apel juga bisa menjadi cairan pengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat frekuensi buang air besar yang meningkat.

3. Perbanyak Sayuran

Beberapa jenis sayur selain baik untuk kesehatan ternyata bisa meredakan gejala diare pada tubuh. Sayuran seperti Wortel, Kacang Hijau, Jamur, Asparagus, dan Buah Bit sangat baik dikonsumsi saat kamu sedang mengalami diare.

Namun tetap terdapat beberapa jenis sayuran yang sebisa mungkin dihindari saat diare berlangsung. Sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi, seperti kembang kol, brokoli, dan paprika bisa membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Yang mengakibatkan gejala diare semakin parah dan diare sembuh dalam waktu yang lebih lama.

4. Telur

Telur yang direbus merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diare. Karena dengan mengkonsumsi telur bisa membantu memperlambat pergerakan usus dan mempercepat pemulihan diare. Karena direbus, tekstur dari telur akan menjadi halus sehingga mudah dicerna. Tak hanya itu, ternyata telur yang direbus akan terjaga kandungan proteinnya sehingga dapat mencegah perut kembung.

5. Konsumsi Cairan Isotonik atau Air Putih

Saat diare biasanya tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Kondisi tersebut jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, kamu perlu menggantikan cairan dan elektrolit pada tubuh. 

Meminum cairan isotonik merupakan salah satu minuman yang bisa menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare. Cairan isotonik mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh penderita diare. Selain itu, kamu juga bisa mengganti cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

6. Makanan Berkuah

Makanan berkuah ternyata bisa membantu mempercepat penyembuhan diare. Hal ini dikarenakan penderita diare biasanya akan kehilangan cairan tubuh yang cukup banyak, sehingga tubuh sangat perlu asupan makanan yang memiliki cairan (berkuah).

Tak hanya itu, makanan berkuah seperti sup ayam juga baik dikonsumsi saat diare karena bisa menjadi sumber energi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Apalagi sup ayam memiliki tekstur yang mudah dicerna oleh perut, sehingga tidak mengganggu sistem pencernaan, 

7. Daging - Dagingan

Yang terakhir, kamu bisa mengkonsumsi olahan daging untuk mempercepat penyembuhan diare yang terjadi. Daging-dagingan seperti daging sapi, daging ayam, atau ikan memiliki protein yang tinggi dan berperan penting dalam penyembuhan diare. 

Berbagai olahan daging sebaiknya dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Hindari mengolah daging dengan cara digoreng, dipanggang, atau bahkan dimasak dengan bahan makanan berlemak tinggi karena daging akan menjadi berlemak dan membuat gejala diare semakin parah.

Konsultasikan Gejala Diaremu ke Homecaredokter

Apabila kamu telah mengkonsumsi beberapa makanan diatas namun gejala diare tak kunjung membaik, maka segera konsultasikan gejala diare yang terjadi kepada dokter. Hal ini sangat penting, mengingat diare bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) yang bisa mengakibatkan kondisi medis yang fatal.

Kamu bisa melakukan konsultasi online secara gratis di Homecaredoktor untuk mengetahui tindakan dan pengobatan yang nantinya akan kamu jalani. Tak pelru khawatir dengan biaya yang tiba-tiba melonjak, karena di Homecaredokter seluruh biaya pengobatan akan disampaikan secara transparan. Klik disini, untuk Konsultasikan Gejala Diaremu ke Homecaredokter.

Sudah di Tinjau Oleh dr. Hadi

 

  • Mayo Clinic. Diakses 2023. Diseases & Conditions. Diarrhea.
  • Cleveland Clinic. Diakses 2023. Health. Diarrhea.
  • AyoSehat Kementerian Kesehatan. Diakses 2023. Diare.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru