7 Cara Mengatasi Pusing Badan Lemas Saat Demam

Penyakit Umum December 25, 2023 Penulis : Mirna S
7 Cara Mengatasi Pusing Badan Lemas Saat Demam

Sering kali, gejala demam disertai dengan sensasi pusing dan badan lemas, sehingga menciptakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Pusing adalah istilah yang menggambarkan sensasi berputar saat tidak seimbang. Kondisi seperti ini dapat bersifat sementara atau bisa datang dan pergi.

Jika Anda sering mengalami pusing dan badan lemas saat demam, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat. Mengabaikan gejala pusing dan badan lemas bisa berpotensi menyebabkan Anda terjatuh.

Mengapa Demam Menyebabkan Pusing dan Lemas?

Demam adalah respons fisiologis tubuh terhadap infeksi atau penyakit yang sering kali disertai dengan sejumlah gejala, termasuk pusing dan rasa lemas. Berikut adalah beberapa alasan fisiologis mengapa demam bisa menyebabkan pusing dan lemas, antara lain:

  1. Penyebab Kenaikan Suhu Tubuh: Demam terjadi sebagai respons terhadap kehadiran patogen dalam tubuh, seperti bakteri atau virus. Sistem kekebalan tubuh merespon dengan meningkatkan suhu tubuh untuk menciptakan lingkungan yang tidak mendukung pertumbuhan patogen. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh pelepasan zat kimia seperti sitokin yang memicu reaksi inflamasi.

  2. Dampak Kenaikan Suhu Terhadap Metabolisme: Ketika suhu tubuh meningkat, metabolisme tubuh juga berjalan lebih cepat. Ini dapat mengakibatkan peningkatan kebutuhan energi untuk mendukung proses pertahanan tubuh. Sebagai respons, tubuh dapat merasa lelah dan lemas karena upaya yang diperlukan untuk memerangi infeksi.

  3. Perubahan pada Sistem Saraf Pusat: Kenaikan suhu tubuh yang signifikan dapat memengaruhi sistem saraf pusat. Suhu tinggi dapat merangsang pelepasan zat kimia seperti prostaglandin yang mempengaruhi fungsi otak. Gangguan pada fungsi normal otak dapat menyebabkan sensasi pusing dan rasa tidak nyaman.

  4. Dehidrasi Akibat Keringat Berlebihan: Proses demam sering kali disertai dengan keringat berlebihan sebagai cara tubuh untuk menurunkan suhu. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memengaruhi keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Dehidrasi sendiri dapat menyebabkan pusing dan lemas.

  5. Efek Samping Obat Demam: Penggunaan obat demam atau antipiretik dapat memberikan efek samping, seperti pusing atau kelelahan. Beberapa obat demam bekerja dengan memengaruhi pusat pengaturan suhu di otak, yang dapat memicu gejala ini.

  6. Sensitivitas Tubuh Terhadap Rasa Sakit: Demam dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap rasa sakit. Ini bisa mencakup sakit kepala dan sensasi lemas yang dapat dirasakan lebih intens selama periode demam.

Baca Artikel Selanjutnya: 7 Cara Mengatasi Pusing Badan Lemas Saat Demam

7 Cara Efektif Mengatasi Pusing dan Lemas

Demam sering kali menyertai gejala seperti pusing dan rasa lemas, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan ini, berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu Anda mengatasi pusing dan rasa lemas saat mengalami demam, antara lain:

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci utama dalam mengatasi demam. Berikan tubuh waktu untuk pulih dengan memberikan diri Anda istirahat yang cukup. Hindari aktivitas fisik yang berat dan prioritaskan tidur yang berkualitas.

Hidrasi yang Optimal

Demam dapat meningkatkan kehilangan cairan tubuh melalui keringat. Pastikan untuk minum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi. Minuman hangat seperti teh herbal atau kaldu juga dapat memberikan hidrasi yang optimal.

Nutrisi yang Tepat

Konsumsi makanan yang memberikan nutrisi optimal bagi tubuh. Buah-buahan, sayuran, dan makanan bergizi tinggi dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin dapat membantu meredakan suhu tubuh yang tinggi dan mengurangi sensasi pusing. Tempelkan kompres dingin pada dahi atau leher selama beberapa menit untuk memberikan efek mendinginkan.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan rasa nyaman. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak meningkatkan suhu tubuh secara berlebihan.

Konsumsi Obat Demam Secara Bijak

Jika disetujui oleh dokter, gunakan obat demam sesuai petunjuk. Obat ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan gejala seperti pusing. Pastikan untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman. Hindari pakaian tebal yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Perhatikan suhu kamar agar tetap sejuk dan nyaman.

Baca Artikel Selanjutnya: Tenggorokan Sakit dan Susah Menelan? Berikut Indikasi Penyakitnya

Kapan Gejala Ini Memerlukan Perhatian Medis?

Pusing dan rasa lemas saat demam sering kali dianggap sebagai gejala umum yang terkait dengan suatu infeksi atau penyakit ringan. Namun, ada situasi tertentu dimana gejala ini dapat menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Mengetahui kapan perlu mencari perhatian medis dapat menjadi kunci untuk penanganan yang tepat saat Anda mengalami pusing dan badan lemas. Berikut adalah beberapa situasi yang mungkin memerlukan evaluasi medis lebih lanjut, antara lain:

  1. Pusing yang Sangat Intens: Jika pusing Anda sangat intens, tidak mereda, atau bahkan meningkat seiring berjalannya waktu, ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Terutama jika disertai dengan gejala lain seperti kehilangan keseimbangan atau kesulitan berbicara.

  2. Kelelahan yang Tak Kunjung Sirna: Rasa lemas yang tidak membaik meskipun sudah beristirahat cukup dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Kelelahan yang terus-menerus dan tidak wajar bisa menjadi tanda adanya kondisi medis yang perlu diidentifikasi.

  3. Suhu Tubuh yang Terus Meningkat: Demam yang tidak kunjung mereda setelah beberapa hari atau bahkan seminggu dapat menjadi tanda adanya infeksi yang memerlukan perhatian medis. Suhu tubuh yang terus meningkat, tercatat di atas batas normal 38 derajat Celsius, dapat mengindikasikan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi. 

  4. Gangguan Fungsi Tubuh Lainnya: Jika pusing dan rasa lemas disertai dengan gangguan fungsi tubuh lainnya seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, atau masalah kesehatan serius lainnya, segera cari bantuan medis. Ini bisa menjadi tanda masalah yang memerlukan penanganan cepat.

  5. Gangguan Kesadaran: Jika Anda mengalami perubahan dalam tingkat kesadaran, pingsan, atau kebingungan yang signifikan, ini merupakan tanda darurat medis. Panggil bantuan medis segera.

Penting untuk diingat, jika Anda mengalami gejala seperti di atas, memesan layanan dokter ke rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama dalam situasi dimana Anda sulit untuk keluar rumah, dokter ke rumah dapat memberikan evaluasi medis dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah bahwa kesehatan Anda adalah prioritas utama, sehingga jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika Anda memiliki kekhawatiran atau jika gejala Anda memerlukan perhatian lebih lanjut dari dokter atau tenaga medis profesional.

Homecare Dokter by Klinik Kirana menawarkan layanan kesehatan menyeluruh dan terpercaya, seperti tes antigen & PCR, infus di rumah, dokter ke rumah, suster ke rumah, dll. Homecare Dokter juga menyediakan tenaga medis profesional dan berpengalaman sesuai kebutuhan kesehatan Anda.

Dengan berkonsultasi di Homecare Dokter untuk mengatasi pusing dan badan lemas karena demam, Anda dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh, mengidentifikasi gejala demam, dan mencegah penyakit lain. Yuk, segera hubungi kami disini: Layanan Dokter ke Rumah.

Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

 

  • Image by DCStudio on Freepik: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-sick-person-rubbing-temples-cure-headache_19701599.htm
  • Healthline. 18 Remedies to Get Rid of Headaches Naturally. Diakses pada 25/12/2023, dari https://www.healthline.com/nutrition/headache-remedies
  • Healthline. Treatments for Dizziness. Diakses pada 25/12/2023, dari https://www.healthline.com/health/treatments-for-dizziness
  • Healthline. What Causes Dizziness and Fatigue? 9 Possible Causes. Diakses pada 25/12/2023, dari https://www.healthline.com/health/dizziness-and-fatigue
  • Mayo Clinic. Dizziness. Diakses pada 25/12/2023, dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dizziness/symptoms-causes/syc-20371787
  • WebMD. I'm Dizzy. What Should I Do? Diakses pada 25/12/2023, dari https://www.webmd.com/brain/what-to-do-if-dizzy
Artikel Terkait
Artikel Terbaru