3 Jenis Pengobatan untuk Meredakan Flu Singapura Pada Anak

Penyakit Umum April 28, 2024 Penulis : Mirna S
3 Jenis Pengobatan untuk Meredakan Flu Singapura Pada Anak

Yang perlu dipahami tentang penyakit flu singapura adalah penderita akan sembuh dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari. Tidak ada perawatan medis khusus untuk flu singapura, namun ibu perlu mengetahui opsi pengobatan yang efektif untuk meredakan gejala flu Singapura. Meskipun gejalanya dapat mereda dalam beberapa hari, memilih obat yang tepat dapat membantu mengendalikan gejala dan mempercepat proses kesembuhan anak Anda.

Apakah Flu Singapura Harus Minum Antibiotik?

Flu Singapura disebabkan oleh virus, penggunaan antibiotik tidak diperlukan dalam pengobatannya. Antibiotik hanya efektif dalam mengatasi infeksi bakteri, sedangkan flu Singapura disebabkan oleh virus enterovirus 71 atau coxsackievirus A16.

Pengobatan flu Singapura lebih berfokus pada meredakan gejala dan mencegah penyebaran infeksi. Ini termasuk mengonsumsi obat pereda demam dan nyeri, menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, serta memastikan anak mendapat istirahat yang cukup dan terhidrasi dengan baik.

Baca Artikel Selanjutnya: 5 Pantangan Flu Singapura Agar Anak Cepat Sembuh

3 Jenis Pengobatan Flu Singapura pada Anak

Flu Singapura pada anak umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus karena gejalanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu 7–10 hari. Namun, untuk membantu meredakan gejala dan mempercepat proses pemulihan, dokter dapat meresepkan beberapa jenis obat, seperti:

1. Obat Pereda Demam dan Nyeri

Gejala flu Singapura sering kali disertai dengan demam dan rasa nyeri. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat pereda demam dan nyeri yang aman untuk anak-anak, seperti paracetamol atau ibuprofen. Pastikan anak Anda mengikuti dosis yang tepat sesuai petunjuk dokter.

2. Obat Tablet Hisap

Untuk meredakan sakit tenggorokan yang sering kali muncul pada gejala flu Singapura, dokter dapat merekomendasikan penggunaan obat tablet hisap yang mengandung bahan untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tablet hisap harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada anak-anak yang berisiko tersedak.

3. Obat Salep Kulit

Jika anak mengalami ruam atau gatal-gatal pada kulit akibat flu Singapura, dokter dapat meresepkan obat salep kulit yang mengandung bahan untuk membantu meredakan iritasi dan mengurangi rasa gatal. Penggunaan salep kulit secara teratur dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi ketidaknyamanan pada kulit.

Meskipun penggunaan obat-obatan tersebut dapat membantu meredakan gejala flu Singapura pada anak, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat apa pun kepada anak. Dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi anak Anda, memberikan saran tentang penggunaan obat yang tepat, serta tindakan perawatan lain yang diperlukan.

Konsultasi dengan Homecare Dokter

Jika anak Anda membutuhkan konsultasi medis tambahan tanpa harus keluar rumah, layanan Homecare Dokter by Klinik Kirana dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan layanan ini, anak Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan nyaman tanpa harus meninggalkan rumah.

Dengan berkonsultasi di Homecare Dokter, anak Anda dapat dengan cepat mendapatkan penanganan yang tepat, mengatasi flu Singapura sesuai kondisi anak Anda, dan mencegah timbulnya komplikasi lain akibat penyakit ini. Yuk, segera hubungi kami disini: Layanan Dokter ke Rumah.

 

Sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

Baca Artikel Selanjutnya: 5 Komplikasi Flu Singapura pada Anak, Ibu Wajib Tahu

  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC). How to Treat Hand, Foot, and Mouth Disease. Diakses pada 25/04/2024, dari https://www.cdc.gov/hand-foot-mouth/about/treatment.html
  • Cleveland Clinic. Hand, Foot and Mouth Disease. Diakses pada 25/04/2024, dari https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11129-hand-foot-and-mouth-disease
  • Healthline. What Is the Hand, Foot, and Mouth Disease Isolation Period? Diakses pada 25/04/2024, dari https://www.healthline.com/health/hand-foot-and-mouth-quarantine-period
  • Mayo Clinic. Hand-foot-and-mouth disease. Diakses pada 25/04/2024, dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hand-foot-and-mouth-disease/diagnosis-treatment/drc-20353041
Artikel Terkait
Artikel Terbaru