Pahami Peranan Dokter Geriatri Dalam Menjaga Kesehatan Lansia

Lansia July 10, 2023 Penulis : Mirna S
Pahami Peranan Dokter Geriatri Dalam Menjaga Kesehatan Lansia

 

Pada tahun 1930-an, istilah geriatri pertama kali digunakan oleh dokter Inggris Ignatz Leo Nascher, yang dianggap sebagai bapak geriatri. Dia mengusulkan pembentukan cabang kedokteran khusus untuk fokus pada perawatan lansia. Lalu, apa yang dimaksud dengan geriatri?

Apa itu Geriatri? 

Istilah geriatri mengacu pada cabang kedokteran yang berfokus secara khusus pada masalah kesehatan yang berhubungan dengan usia  tua. Seorang geriatri merupakan dokter yang berspesialisasi khusus dalam perawatan dan pengobatan lansia.

Selain itu, dokter geriatri bekerja sama dengan tim medis lain seperti perawat geriatri, apoteker geriatri, dan terapis fisik untuk memberikan perawatan yang tepat bagi lansia.

Peran Dokter Geriatri

Tanggung jawab geriatri mencakup evaluasi menyeluruh terhadap kesehatan lansia, mendiagnosis kemungkinan penyakit dan kondisi, merencanakan perawatan yang tepat, dan menyediakan perawatan jangka panjang yang komprehensif. Mereka juga fokus pada perawatan paliatif dan manajemen gejala untuk orang dewasa yang lebih tua yang mungkin memiliki beberapa penyakit kronis atau kompleks.

Geriatri memahami perubahan fisik, mental, serta berbagai penyakit dan kondisi lansia. Mereka memeriksa dan menangani masalah kesehatan yang biasa lansia alami seperti osteoporosis, demensia, masalah kognitif, penyakit jantung, diabetes, gangguan keseimbangan, dan lainnya.

 

Penyakit umum Lansia yang Ditangani Dokter Geriatri  

Melansir data Risekdas Kementerian Kesehatan RI, penyakit yang biasa terjadi pada lansia adalah sebagai berikut.

1. Hipertensi 

Pada lansia, tekanan darah tinggi seringkali disebabkan oleh penuaan alami yang menyebabkan pembuluh darah kehilangan elastisitas dan kekakuannya. Selain itu, gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi garam berlebihan, mengkonsumsi alkohol, obesitas, dan merokok juga bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi. 

2. Diabetes Melitus

Diabetes melitus pada lansia bisa disebabkan oleh penurunan sensitivitas tubuh terhadap insulin, resistensi insulin yang terjadi biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Faktor lain seperti obesitas, gaya hidup yang tidak sehat, dan riwayat keluarga dengan diabetes juga dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes melitus.

3. Penyakit Jantung dan Stroke 

Penyakit jantung dan stroke sering dikaitkan dengan aterosklerosis pada lansia. Aterosklerosis adalah penumpukan plak di arteri, yang dapat menyebabkan penyempitan dan pembekuan darah. Faktor risiko lain termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, gaya hidup tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

4. Gangguan gigi dan Penyakit persendian

Penuaan secara alami menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk sistem gigi dan persendian. Gigi lebih rentan terhadap kerusakan gigi dan penyakit seperti kerusakan gigi, penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Baca Juga: 10 Penyakit Ini Harus Segera Mendapat Infus, Simak Penjelasannya!

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Geriatri?

Apabila lansia sudah mengalami beberapa gejala dari penyakit diatas, sangat penting untuk segera mendapatkan perawatan medis. Kamu bisa mengunjungi dokter geriatri yang tersedia di faskes kesehatan sekitar tempat kamu tinggal, namun apabila kondisi lansia tidak memungkinkan untuk berpergian kamu bisa memanfaatkan layanan homecare.

Layanan Homecare untuk Lansia 

Layanan homecare merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat serta menjaga kesehatan lansia dari rumah, lansia bisa mendapatkan tindakan medis ringan tanpa perlu bepergian ke luar rumah. Hal tersebut merupakan jawaban dari sulitnya membawa lansia ke fasilitas medis, lansia bisa menjadi lebih nyaman mendapatkan pelayanan dari dokter geriatri langsung di rumahnya.

Pastikan kamu memilih layanan homecare yang sudah berpengalaman dan memiliki tenaga medis terpercaya dan pastinya dengan biaya yang masuk akal. Seperti di Klinik Kirana, yang telah berpengalaman menangani lansia dan dapat dipanggil langsung ke rumah. Tunggu apalagi, klik disini untuk konsultasikan keluhan yang dialami lansia secara gratis!

Sudah di Tinjau oleh Dr. Hadi

Baca Juga: Mengenal Kegunaan dan Manfaat Home Care Demi Kesehatan Keluarga

 

  • Healhtline. Diakses 2023. 11 End-of-Life Symptoms in Older Adults.
  • Kesmas Kemkes. Diakses 2023. Keluarga Sayang Lansia, Keluarga Bahagia.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru