Kenali Jenis - Jenis Kateter Urine beserta Fungsinya

Homecare September 6, 2023 Penulis : Mirna S
Kenali Jenis - Jenis Kateter Urine beserta Fungsinya

Kateter adalah sebuah alat medis berbentuk seperti selang yang berfungsi agar pasien dapat buang air kecil secara normal.

Pemasangan kateter ini biasanya dibutuhkan oleh pasien yang memiliki kondisi medis seperti sulit untuk membuang urinenya secara normal, penyumbatan saluran kemih, atau adanya kerusakan saraf pada kandung kemih dan lainya. 

Proses pemasangan kateter pun harus dilakukan oleh tenaga medis profesional demi keselamatan pasien. Kini, anda juga tidak perlu ke rumah sakit untuk memasang kateter karena proses pemasangan dapat dilakukan di rumah anda oleh perawat homecare.

Jenis-Jenis Kateter

Ada berbagai jenis kateter yang dibedakan berdasarkan model dan cara penggunaannya. Berikut adalah jenis-jenis kateter yang perlu anda ketahui.

1.   Intermittent Catheter

Intermittent catheter atau kateter sementara adalah jenis kateter yang digunakan saat anda membutuhkan kateter hanya untuk sementara waktu. 

Jenis kateter ini digunakan dengan cara memasukkan ke dalam uretra sampai ke kandung kemih. Jenis kateter ini juga dilengkapi dengan kantong drainase sebagai penampung urine.

2.   Indwelling Catheter

Indwelling catheter hampir sama dengan intermittent catheter yang penggunaannya hanya untuk sementara waktu. Bedanya jenis kateter ini dilengkapi dengan balon kecil untuk mencegah kateter lepas dari kandung kemih.

Jenis kateter ini dapat dipasang dengan dua cara, yakni melalui uretra dan membuat lubang kecil di area perut untuk jalan masuk kateter. 

Indwelling catheter juga menggunakan kantong drainase untuk menampung urine.

3.   Condom Catheter

Terakhir adalah kateter yang berbentuk seperti kondom, tetapi diperuntukkan untuk menampung urine. Jenis kateter ini hanya bisa digunakan oleh pria karena dipasang langsung di ujung penis.

Condom catheter adalah jenis kateter sekali pakai yang harus selalu diganti saat kantong penampung urine sudah penuh.

Tahapan Pemasangan Kateter Urine

Meski terlihat sederhana, proses pemasangan kateter tidak bisa sembarangan. Sebaiknya anda menggunakan jasa tenaga medis profesional untuk memasang kateter.

Proses pemasangan kateter terdiri atas beberapa tahapan. Kenali tahapan pemasangan kateter berikut ini sebelum anda menggunakannya.

  1. Sebelum memulai pemasangan, perawat akan menjalankan protokol kebersihan dengan mencuci tangan hingga steril
  2. Perawat juga akan meminta persetujuan kepada pasien untuk pemasangan kateter di area kelamin
  3. Perawat membersihkan area kelamin pasien untuk menyiapkan proses pemasangan kateter
  4. Untuk memudahkan proses memasukkan kateter ke uretra, perawat akan memberikan pelumas pada selang kateter
  5. Untuk pasien pria, selang kateter akan dimasukkan sedalam 15-22,5 cm, sedangkan untuk pasien wanita, selang kateter dimasukkan sedalam 5 cm sampai menyentuh leher kandung kemih. 

Perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan proses memasukkan kateter ke kelamin antara pasien pria dan wanita. 

Namun, tahapan yang lain tetap sama dan sesuai dengan SOP pemasangan kateter. 

Jika kamu ingin lebih mengetahui apa saja sih tugas dan fungsi perawat homecare, kamu bisa lihat di artikel ini

Tips Perawatan Kateter di Rumah

Jika anda memutuskan menggunakan jasa perawat homecare untuk pemasangan kateter di rumah, pastikan anda merawat kateter yang telah terpasang.

Berikut ini adalah tips perawatan kateter di rumah yang dapat anda lakukan.

  1. Sebelum menyentuh kateter, pastikan anda telah mencuci tangan hingga steril
  2. Memastikan kateter selalu terpasang dengan benar
  3. Sebaiknya periksa kantong penampung urine secara berkala setiap 6-8 jam sekali untuk mengosongkan kantong drainase
  4. Selalu pastikan kantong penampung berada di posisi yang lebih rendah dari kandung kemih untuk menghindari berbaliknya urine

Pemasangan Kateter di Rumah bersama Klinik Kirana

Anda dapat menggunakan layanan Homecare by Klinik Kirana untuk memasang kateter dari rumah. Anda tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk melakukan pemasangan dan perawatan kateter. Informasi lebih lanjut mengenai pemasangan kateter di rumah, silahkan kunjungi kami di sini

Sudah ditinjau oleh dr. Hadi

 

  • Payne, Drew. (2021). Catheters at home: managing urinary catheters in the home environment. British Journal of Community Nursing. Vol. 26, No. 8.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru