Inilah Manfaat Pemasangan Kateter Urin Jika Dilakukan Oleh Ahlinya

Homecare October 2, 2023 Penulis : Mirna S
Inilah Manfaat Pemasangan Kateter Urin Jika Dilakukan Oleh Ahlinya

Kateter urin adalah alat berbentuk selang atau tabung kecil yang biasa digunakan pasien untuk membantu mengosongkan kandung kemih. Alat ini umumnya digunakan oleh pasien yang sulit buang air kecil (retensi urine) atau sulit menahan buang air kecil (inkontinensia urine), pemasangannya juga Berikut ini merupakan manfaat pemasangan kateter urin jika dilakukan oleh ahlinya.

Pemasangan Kateter dilakukan Oleh Siapa?

Pemasangan kateter bisa dilakukan oleh perawat, dokter, ataupun tenaga medis yang sudah ahli dalam proses pemasangan kateter. Mengapa demikian, dikarenakan pemasangan kateter yang tidak tepat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pasien atau penggunanya, bahkan kesalahan dalam pemasangan kateter juga bisa menimbulkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. 

Untuk proses pemasangannya, pertama-tama perawat akan memastikan seluruh peralatan kateterisasi sudah steril dan siap untuk dipasang pada pasien. Setelah itu, perawat akan membersihkan alat kelamin pasien terlebih dahulu dan mulai memasukan kateter yang telah dilumuri oleh pelumas terlebih dahulu. Perawat juga akan memberikan instruksi untuk perawatan atau prosedur pengosongan kantung urin yang terhubung dengan kateter, kantung tersebut biasanya harus dikosongkan setiap 6-8 jam sekali.

Peranan Perawat dalam Pemasangan Kateter

Perawat memiliki peranan penting dalam pemasangan kateter, dikarenakan pengalaman serta ilmu yang dimiliki oleh perawat membuat proses pemasangan kateter menjadi baik dan benar. Sehingga risiko terjadinya infeksi saluran kemih terbilang cukup rendah, perawat juga sudah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang harus dilakukan setiap melangsungkan tindakan medis. Tak hanya itu, berikut ini merupakan beberapa peranan penting perawat dalam pemasangan kateter.

1. Agar Pemasangan Kateter Sesuai dengan Prosedur

Pemasangan kateter yang tidak sesuai prosedur bisa menyebabkan komplikasi yang mengakibatkan timbul gejala mengganggu pada pasien. Komplikasi yang mungkin muncul dari kesalahan prosedur pemasangan kateter diantara, infeksi saluran kemih, striktur uretra, balon kateter tidak mengembang, hingga timbulnya alergi pada bahan kateter.

2. Menjaga Alat - alat Medis tetap Steril dan Higienis

Perawat juga akan memastikan alat-alat medis yang akan digunakan dalam pemasangan kateter sudah dalam kondisi steril dan higienis. Tindakan ini dilakukan sebagai salah satu prosedur pokok dalam proses pemasangan kateter, serta memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya infeksi atau komplikasi pada saluran kemih.

3. Dapat Memberikan Edukasi kepada Pasien saat Proses Kateterisasi

Edukasi kepada pasien saat proses kateterisasi merupakan salah satu tindakan penting yang akan dilakukan oleh perawat. Tindakan ini juga cukup penting, agar pasien memahami cara perawatan kateter serta tindakan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan perawatan kateter. Terutama kepada pasien yang akan menggunakan kateter dalam jangka waktu yang lama, pasien serta keluarga harus memahami cara menjaga kebersihan selang kateter, kebersihan area uretra pasien, hingga cara mengosongkan kantung urin. 

Pasien juga perlu mendapatkan edukasi mengenai tindakan yang harus dilakukan jika merasakan rasa tidak nyaman atau nyeri saat proses pemasangan atau setelah pemasangan kateter. Pasien harus segera melapor kepada perawat atau tenaga medis saat mengalami keluhan akibat pemasangan kateter, agar bisa mendapatkan solusi atas keluhan yang terjadi. 

Untuk lebih detail mengenai Tindakan apa saja saat dokter datang ke rumah, kamu bisa melihat artikelnya di sini

4. Memastikan Psikologis Pasien dalam keadaan Baik

Perawat akan memberikan pelayanan terbaik saat proses pemasangan kateter, guna membuat kondisi psikologi pasien menjadi lebih baik dan menurunkan tingkat kecemasan pasien saat pemasangan kateter. Kondisi psikologis pasien yang baik juga bisa mempermudah penerimaan informasi yang diberikan oleh perawat saat mengedukasi cara perawatan kateter. 

Setelah mengetahui manfaat kamu bisa melihat jenis-jenis kateter beserta fungsinya di artikel ini

Pemasangan Kateter bersama tenaga Medis Profesional di Klinik Kirana

Setelah memahami bagaimana gambaran prosedur pemasangan kateter, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya kateter dipasang oleh tenaga medis profesional. Hal ini cukup penting dikarenakan terdapat risiko atau ancaman terjadinya komplikasi apabila terdapat kesalahan dalam proses pemasangan kateter.

Klinik Kirana merupakan fasilitas kesehatan yang memiliki tenaga medis profesional dan sudah ahli dalam pemasangan kateter. Kamu bisa melakukan pemasangan kateter di Klinik Kirana dengan aman dan nyaman, karena pemasangan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu mendatangi fasilitas kesehatan. Klik disini Untuk Konsultasikan Pemasangan Kateter di Klinik Kirana.

Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

  • Healthline. Diakses 2023. Urinary Catheters: Uses, Types, and Complications.
  • Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia. Diakses 2023 PERAN PERAWAT DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI PADA PEMASANGAN KATETER URIN.
  • Alodokter. Diakses 2023. Hambatan apa saja yang terjadi saat pemasangan kateter dan bagaimana mengatasinya?
Artikel Terkait
Artikel Terbaru