Dapatkan Penanganan Medis di Rumah dengan Layanan Homecare

Homecare July 11, 2023 Penulis : Mirna S
Dapatkan Penanganan Medis di Rumah dengan Layanan Homecare

Layanan homecare dapat menjadi solusi apabila terdapat kondisi yang memberatkan untuk datang langsung ke fasilitas kesehatan terdekat, namun tidak seluruh tindakan medis dapat dilakukan oleh dokter di rumah. Lalu, apa saja tindakan medis yang dapat dilakukan oleh dokter homecare?

Tindakan Dokter saat Di Rumah Pasien 

Kini untuk mendapatkan pelayanan medis kamu tak harus datang langsung ke tempat fasilitas kesehatan, terdapat sebuah layanan homecare yang membuat dokter dapat datang langsung ke rumah. Jika kamu bingung karena baru pertama kali menggunakan jasa homecare, biasanya terdapat beberapa tahapan yang dilakukan oleh dokter sebelum melakukan tindakan medis. Berikut beberapa tindakan yang dokter lakukan saat di rumah pasien.

1. Melakukan Anamnesis

Yang pertama kali dokter lakukan saat melakukan kunjungan ke rumah adalah anamnesis atau wawancara secara singkat. Biasanya dokter akan menanyakan riwayat sakit yang kamu alami, gejala yang sedang kamu alami, hingga beberapa aktivitas terakhir yang kamu lakukan.

Anamnesis merupakan tahapan penting yang dilakukan dokter untuk membantu menentukan diagnosis yang tepat, biasanya dokter juga menanyakan beberapa pertanyaan terkait kondisi pasien kepada anggota keluarga, apabila pasien berada pada kondisi yang tidak memungkinkan diajak berbicara.

2. Melakukan Pemeriksaan Fisik

Selanjutnya dokter akan meninjau kondisi fisik pasien, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Biasanya dokter akan mengukur suhu badan, denyut nadi, tekanan darah, serta pernafasan pasien.

Hasil dari pemeriksaan fisik tersebut perlu dilakukan untuk memastikan penyakit yang diderita, dari beberapa gejala yang dirasa. Jika terdapat pemeriksaan yang tidak bisa dilakukan di rumah, biasanya dokter akan memberikan beberapa saran lanjutan.

3.   Melakukan Tindakan Medis 

Tindakan terpenting yang dokter lakukan saat di rumah pasien adalah melakukan tindakan medis. Dokter akan memastikan tindakan medis apa saja yang akan dilakukan, namun biasanya dokter akan melakukan beberapa tindakan umum seperti memasang infus, memasang kateter, perawatan luka, hingga injeksi vitamin.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Tugas Perawat Home Care dan Jenisnya!

Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Homecare 

illustrasi Tindakan Medis

Source Image: Pexels

Setelah mengetahui tindakan apa saja yang dokter lakukan saat di rumah pasien, kamu juga harus memahami beberapa tindakan medis apa saja yang bisa dilakukan di rumah. Tentunya tidak seluruh tindakan medis bisa dilakukan di rumah, apalagi beberapa tindakan medis yang mengharuskan memakai alat khusus yang hanya tersedia di fasilitas kesehatan. Maka dari itu, berikut adalah beberapa tindakan medis yang dilakukan dokter homecare.

1. Pelayanan Infus Pengobatan

Pemasangan infus dapat dilakukan oleh dokter homecare saat pasien tidak memungkinkan diberi obat-obatan melalui jalur oral. Tak hanya itu, terdapat beberapa obat yang lebih efektif diberikan melalui cairan.

Baca Juga: Apakah Boleh Infus di Rumah? Ini Manfaat Aturan Penggunaan Infus di Rumah

2. Infus Vitamin 

Infus vitamin dapat menjadi tindakan penting saat tubuh sedang tidak fit. Vitamin yang diinjeksi langsung ke dalam aliran darah dapat diserap lebih cepat oleh tubuh, sehingga dapat mengurangi efek beberapa gejala akibat tubuh tidak fit.

3. Pemasangan Kateter

Kateter merupakan selang yang dipasangkan pada tubuh pasien guna mengosongkan serta menampung urine dari kandung kemih. Pemasangan kateter bisa menjadi cepat dan tidak menyebabkan rasa kurang nyaman apabila dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional, salah satunya dokter homecare.

4.   Fisioterapi dan Akupuntur

Dokter homecare juga dapat melakukan fisioterapi dan akupuntur langsung di rumah, kamu tidak perlu pusing menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk melakukan terapi tersebut. Karena dokter homecare akan menyediakannya, dan biasanya membawa suster sebagai asisten untuk melakukan terapi tersebut. 

Pelayanan Dokter ke Rumah bersama Klinik Kirana 

Kamu bisa mendapatkan layanan homecare serta berbagai tindakan medis yang sudah dijelaskan di atas melalui Klinik Kirana. Dengan biaya yang transparan, Klinik Kirana dengan senang hati memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan khawatir dengan pelayanan yang kamu butuhkan, kamu bisa konsultasi secara gratis melalui WhatsApp Klinik Kirana untuk mengkonsultasikan gejala serta layanan yang akan kamu pilih. Dengan tenaga medis profesional, Klinik Kirana siap memberikan pelayanan homecare terbaik untukmu. Klik link berikut untuk Temukan Layanan Home Care Terbaik bersama Klinik Kirana.

Sudah di Tinjau oleh Dr. Hadi 


  • NICE. Diakses 2023. Home care: delivering personal care and practical support to older people living in their own homes.
  • N Syamsi Norma Lalla. Diakses 2023. Layanan Home Care sebagai Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru