8 Tips Perawatan Lansia Secara Mandiri di Rumah

Lansia June 28, 2023 Penulis : Mirna S
8 Tips Perawatan Lansia Secara Mandiri di Rumah

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa seseorang yang telah berusia 60-74 tahun masuk dalam kategori lansia. Dalam usia yang tak lagi muda, orang tua yang sudah memasuki umur lanjut usia harus ditangani dengan cara tersendiri. Singkatnya, merawat lansia hampir serupa dengan cara merawat balita. 

Hal tersebut cukup penting, dikarenakan perawatan lansia di rumah dibutuhkan perhatian, kesabaran, dan ketekunan yang tinggi sebab lansia rentan terhadap penyakit. Ditambah biasanya seorang lansia memiliki perilaku atau sifat yang butuh kesabaran ekstra dalam menghadapinya.

1. Utamakan Keamanan Lansia saat di Rumah

Yang pertama, selalu utamakan keamanan lansia saat berada di rumah. Mulailah mengatur ruang tidur lansia dengan mengamankan beberapa barang yang dapat mencederainya, lalu posisikan tempat tidur jauh dari benda-benda yang dapat menimpanya.

Selalu dekatkan barang penting atau yang digunakan sehari-sehari pada tempat yang mudah dijangkau oleh lansia, serta berikan alas anti licin pada lantai kamar mandi untuk mencegah lansia terpeleset yang bisa mengakibatkan kondisi yang fatal.

Kamu juga bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk membantu menjaga lansia di rumah, pastikan kamu memilih asisten rumah tangga yang sudah ahli merawat lansia. Pilihlah asisten yang terpercaya, bisa melalui jasa penyalur asisten rumah tangga atau pilihlah kerabat yang terpercaya untuk membantu menjaga lansia di rumah.

2. Pahami Kebutuhan Lansia

Dalam merawat lansia, jangan pernah lupa untuk penuhi kebutuhan lansia lainnya. Misalnya, kamu perlu perhatikan kebutuhan pokok yang lansia butuhkan dan temani saat lansia beraktivitas di rumah. Hal tersebut sangat penting, dikarenakan kebugaran dan kekuatan fisik lansia sudah tidak lagi prima.

Jadwalkan pula aktivitas hiburan yang bisa dilakukan oleh lansia, sekedar menonton televisi hingga melakukan hobi kesukaannya agar lansia tidak terlalu merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Kamu juga perlu membuat daftar kebutuhan pokok yang harus dibeli setiap bulannya, hal ini dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan lansia.

3. Perhatikan Faktor Komunikasi dan Transportasi 

Meskipun kegiatan serta aktivitas yang dilakukan lansia tidak terlalu banyak, namun pastinya mereka tetap memiliki aktivitas luar ruangan yang harus dilakukan. Misalnya saat lansia harus mengurus dokumen pribadi miliknya. pastikan kamu mengantar serta menuntun lansia hingga aktivitasnya tersebut selesai.

Apabila kamu sedang berhalangan untuk menemani lansia beraktivitas diluar ruangan, pastikan kamu memiliki orang kepercayaan untuk menemaninya. Hindari lansia untuk berkegiatan sendiri di luar rumah, karena hal tersebut sangat memiliki resiko akan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

4. Perhatikan Aktivitas Lansia

Kamu juga harus mengetahui aktivitas harian lansia, mulai dari bangun tidur hingga lansia akan tidur kembali.  Perhatikan aktivitas yang dilakukan tersebut, meskipun lansia bisa melakukan kegiatannya secara mandiri namun kamu tetap harus mengawasinya setiap saat.

Hindari lansia beraktivitas sendirian tanpa adanya pengawasan, siap siaga untuk membantu aktivitas harian lansia meskipun mereka tidak meminta tolong. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti terpeleset, terbentur, hingga kelelahan.

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Salah satu hal penting namun sering terlupakan dalam merawat lansia di rumah adalah memperhatikan kebutuhan nutrisi lansia, kebutuhan nutrisi seseorang tentunya mengalami perubahan seiring bertambahnya umur. Pastikan kamu penuhi asupan nutrisi orang tua, dalam makanan yang dimakan setiap harinya. 

Asupan nutrisi yang cukup dapat meningkatkan kebugaran serta membantu lansia untuk tetap sehat, apabila asupan nutrisi sudah terpenuhi tentunya dapat membantu lansia untuk dapat beraktivitas dengan baik. Pastikan selalu terdapat sayuran di setiap makanan yang disediakan, berikan juga buah sebagai hidangan penutup agar kebutuhan nutrisi lansia dapat terpenuhi.

6. Rutin Memperhatikan Kebersihan diri

Sebelum merawat lansia secara mandiri di rumah, pastikan kamu bersih dan terhindar dari berbagai kuman serta bakteri yang ada. Agar lansia terhindar dari virus dan penyakit, kamu harus memperhatikan kebersihan diri sendiri terutama sehabis dari luar rumah.

Lansia merupakan kelompok yang cukup rentan terkena penyakit karena memiliki antibodi yang tak prima lagi, terlebih apabila lansia terkena penyakit maka efek yang terjadi dapat lebih parah dibanding orang dewasa. Selalu utamakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mempersiapkan makanan lansia, dan pastikan juga pakaian yang kamu gunakan tidak terpapar kuman dan virus dari luar.

7. Jalin Obrolan dengan Orang Tua

Dalam merawat orang tua, keterlibatan dari orang tua dapat membuat mereka lebih merasa dihargai dan dicintai. Pastikan kamu menanyakan perawatan apa yang nyaman dilakukan, sedang ingin makanan makanan apa, hingga tanya kondisinya apakah terdapat hal yang kurang nyaman atau tidak.

Dengan terjalinnya interaksi dengan orang tua, kamu juga dapat lebih mengerti apa yang mereka inginkan. Apabila kamu sudah tahu hal apa saja yang dapat membuat orang tua nyaman, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan cara perawatan yang akan dilakukan.

8. Perbanyak Informasi Mengenai Perawatan Lansia

Meskipun terdengar sepele, namun dengan terus perbanyak informasi tentang perawatan lansia akan sangat membantu kamu apabila terjadi hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu dapat memulai mencari beberapa informasi seperti gejala-gejala suatu penyakit, informasi biaya pengobatan, hingga jadwal dokter di rumah sakit terdekat.

Namun kamu juga tidak boleh asal mendiagnosa penyakit berdasarkan informasi yang kamu temukan di internet, kamu perlu saring informasi yang didapat dan pastikan juga kamu membacanya dari sumber yang terpercaya. Yang paling utama, kamu harus menghubungi dokter atau tenaga medis jika terdapat suatu tanda atau gejala yang mengkhawatirkan.

Sudah di Tinjau oleh Dr. Hadi 

  • S Mulyani, S Jannah. Diakses pada 2023. Pengalaman Keluarga dalam Merawat Lansia di Rumah (Studi Fenomenologi).
  • Kesmas Kemkes. Diakses 2023. Lansia Sehat, Lansia Bahagia.
  • Kemes. Diakses 2023. Buku Kesehatan Lanjut Usia.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru