Penyakit yang Dapat Ditangani di Rumah oleh Dokter Panggilan

Homecare December 1, 2023 Penulis : Mirna S
Penyakit yang Dapat Ditangani di Rumah oleh Dokter Panggilan

Dokter yang datang ke rumah kini menjadi opsi yang lebih diutamakan oleh banyak orang yang membutuhkan perawatan kesehatan.

Mengetahui batasan dari layanan ini menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam menghadapi situasi darurat kesehatan. Dalam kondisi tertentu, dokter panggilan dapat menangani penyakit atau kondisi tertentu di rumah. 

Namun, penting untuk memahami kapan saat yang tepat untuk mencari bantuan dari layanan gawat darurat. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai jenis penyakit yang dapat ditangani di rumah oleh dokter panggilan, serta manfaat perawatan kesehatan dari layanan ini bagi Anda.

Daftar Penyakit yang Bisa Ditangani

Dalam dunia kesehatan yang semakin berkembang, layanan dokter panggilan ke rumah menjadi pilihan yang nyaman dan efisien bagi Anda yang memerlukan perawatan kesehatan. Berikut adalah 12 penyakit yang dapat ditangani di rumah oleh dokter panggilan, antara lain:

1. Konjungtivitis (Mata Merah): Infeksi mata ini dapat diatasi dengan pemberian obat tetes mata sesuai petunjuk dokter untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko penularan.

2. Gejala Pilek dan Flu: Dokter panggilan dapat memberikan penangan seperti istirahat yang cukup, konsumsi cairan, dan obat-obatan simtomatik untuk meredakan demam, pilek, dan nyeri tubuh di rumah.

3. Alergi: Penanganan melibatkan pemberian obat antialergi dan saran untuk mengurangi paparan terhadap alergen di lingkungan rumah, yang dapat mencakup debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau zat-zat lain yang dapat memicu reaksi alergi.

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK): Pengobatan antibiotik dapat diberikan untuk mengatasi ISK, dan dokter panggilan juga dapat memberikan saran terkait kecukupan cairan untuk mendukung pemulihan.

5. Muntah dan Diare: Pemberian cairan untuk rehidrasi dan obat antiemetik dapat membantu mengatasi muntah dan diare, sambil mencegah dehidrasi pasien di rumah.

6. Infeksi Kulit dan Ruam: Dokter panggilan dapat memberikan resep antibiotik atau salep untuk meredakan infeksi kulit atau ruam dengan kenyamanan di rumah pasien.

7. Infeksi Sinus, Telinga, dan Pernapasan: Antibiotik dan obat pereda nyeri dapat diberikan untuk mengatasi infeksi pada sinus, telinga, atau saluran pernapasan, sehingga membantu pemulihan pasien di rumah.

8. Gangguan Pencernaan: Pengobatan di rumah melibatkan rehidrasi dan obat antiemetik untuk mengatasi masalah pencernaan, tanpa perlu berpindah ke fasilitas kesehatan.

9. Demam dan Sakit Kepala: Dokter panggilan dapat memberikan obat pereda demam dan sakit kepala untuk membantu meredakan gejala pasien.

10. Asma: Penanganan dokter panggilan melibatkan pemberian obat bronkodilator atau inhaler, serta memberikan edukasi tentang pencegahan asma di rumah.

11. Kecemasan, Depresi, dan Insomnia: Penanganan melalui konseling dan pemberian obat sesuai kebutuhan, dengan perhatian khusus pada kondisi mental pasien di lingkungan yang familiar.

12. Keluhan Lansia: Layanan khusus untuk penyakit umum pada lansia, seperti hipertensi, osteoartritis, dan gangguan keseimbangan, dengan penanganan yang mengutamakan kenyamanan di rumah.

Penting untuk Anda ingat, bahwa penanganan lebih lanjut atau perhatian medis darurat mungkin juga diperlukan, tergantung pada perkembangan kondisi pasien di rumah. Pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang lebih menyeluruh dan rencana perawatan kesehatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Manfaat Perawatan Kesehatan di Rumah

Perawatan kesehatan di rumah memberikan sejumlah keuntungan yang bermanfaat, baik dari segi penanganan penyakit maupun dampak psikologis dan fisik pasien itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat perawatan kesehatan dengan menggunakan layanan dokter ke rumah, antara lain:

1. Fleksibilitas Jadwal yang Optimal

Layanan dokter panggilan menawarkan ketersediaan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan rumah sakit atau klinik, sehingga mengurangi waktu tunggu pasien dan memberikan fleksibilitas optimal untuk penanganan penyakit tertentu.

2. Perawatan Keluarga yang Komprehensif

Perawatan kesehatan di rumah menjadi pilihan ideal untuk keluarga dengan beberapa anggota yang membutuhkan perawatan, seperti ketika seluruh keluarga terkena flu. Ini membantu Anda mengatasi keterbatasan waktu yang dimiliki rumah sakit atau klinik dalam menangani keluarga secara serentak.

3. Kenyamanan Tanpa Harus Meninggalkan Rumah

Keuntungan lain dari perawatan kesehatan di rumah adalah kenyamanan nyata tanpa perlu meninggalkan saat sedang sakit. Selain itu, berada di lingkungan yang dikenal juga dapat membawa dampak positif bagi psikologis dan fisik pasien, sehingga membantu mendukung proses penyembuhan.

4. Pemberian Perawatan Personal dan Difokuskan

Dokter panggilan di rumah dapat memberikan perawatan yang lebih personal dan difokuskan, sehingga dokter dapat memberikan perhatian penuh pada pasien tanpa adanya gangguan dari lingkungan rumah sakit atau klinik.

5. Dukungan Psikologis dan Fisik yang Maksimal

Perawatan di rumah tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, tetapi juga membawa manfaat positif pada kesejahteraan psikologis pasien. Lingkungan yang akrab dapat meningkatkan rasa nyaman dan mendukung proses penyembuhan secara menyeluruh.

Kapan Harus ke Rumah Sakit?

Mengetahui kapan seharusnya Anda mencari bantuan medis di rumah sakit memerlukan keputusan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan. Simak beberapa panduan untuk membantu Anda mengidentifikasi kondisi yang memerlukan perawatan lebih intensif di rumah sakit, serta tips untuk mengenali keadaan darurat yang mungkin membutuhkan penanganan segera.

Berikut adalah beberapa panduan untuk kondisi yang memerlukan perawatan lebih intensif, antara lain:

  1. Nyeri Dada (bisa menjadi tanda serangan jantung): Nyeri dada yang tidak tertahankan, terutama jika disertai dengan sesak napas atau ketidaknyamanan di lengan kiri.

  2. Muntah atau Batuk Darah dan/atau Nyeri Perut yang Parah: Tanda-tanda ini mungkin menunjukkan masalah serius di saluran pencernaan dan memerlukan evaluasi medis.

  3. Demam di atas 38°C: Demam tinggi yang tidak merespon pada pengobatan umum memerlukan penilaian lebih lanjut oleh tenaga medis profesional.

  4. Kesulitan Bernapas yang Parah: Kesulitan bernapas yang tiba-tiba dan parah memerlukan perawatan segera di rumah sakit.

  5. Kejang: Kejang yang tidak dapat dikontrol memerlukan perhatian medis mendalam.

  6. Reaksi Alergi yang Parah: Gejala alergi yang parah, seperti sesak napas atau pembengkakan wajah, memerlukan penanganan medis segera.

  7. Perubahan Mendadak dalam Status Mental, Kelemahan, Kesulitan Berpikir dan Berbicara (gejala potensial stroke): Tanda-tanda ini menunjukkan kondisi darurat dan perlu dievaluasi segera di rumah sakit.

  8. Komplikasi Kehamilan: Masalah yang timbul selama kehamilan yang memerlukan perhatian medis lebih intensif.

  9. Pendarahan yang Tidak Berhenti Setelah 10 Menit: Pendarahan yang terus-menerus dan sulit dikendalikan memerlukan penanganan medis segera.

  10. Luka Dalam dan Patah Terbuka: Luka serius dan patah tulang memerlukan penanganan khusus di rumah sakit.

  11. Cedera Kepala yang Serius: Cedera kepala berat yang memerlukan perhatian segera dari tenaga medis.

  12. Overdosis: Keadaan overdosis yang memerlukan penanganan darurat di rumah sakit.

Berikut adalah beberapa tips mengidentifikasi keadaan darurat, antara lain:

  1. Perhatikan Tanda-tanda Vital: Amati suhu tubuh, nadi, pernapasan, dan tekanan darah untuk mengidentifikasi ketidaknormalan.

  2. Reaksi Tubuh yang Ekstrim: Respon fisik yang ekstrim, seperti kejang atau pingsan, memerlukan perhatian segera.

  3. Ketidakmampuan Mengatasi Nyeri: Jika nyeri tidak merespon pada pengobatan umum dan tidak dapat diatasi, perlu dipertimbangkan penanganan medis lebih lanjut.

  4. Waspada terhadap Perubahan Mental: Perhatikan perubahan tiba-tiba dalam status mental, seperti kebingungan atau kesulitan berpikir.

  5. Hindari Menunda Penilaian Medis: Jika ada keraguan atau kekhawatiran, segera dapatkan penilaian medis untuk mencegah potensi komplikasi lebih lanjut.

Baca disini untuk : Layanan Dokter Umum ke Rumah untuk Perawatan Lansia

Kesimpulan

Pentingnya pengetahuan tentang layanan kesehatan di rumah dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan perawatan yang diberikan oleh dokter panggilan. Melalui pemahaman kondisi penyakit yang dapat ditangani di rumah, kita dapat mengambil langkah bijak dalam memanfaatkan layanan ini.

Menggunakan layanan ini secara bijak, Anda dapat mengoptimalkan kenyamanan, mendukung upaya pencegahan penyakit, serta memastikan perawatan yang tepat untuk mengatasi kondisi Anda. Dengan demikian, memilih untuk mendapatkan perawatan di rumah melalui dokter panggilan dapat menjadi langkah baik untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk memanggil dokter ke rumah melalui layanan Homecare Dokter, Hubungi Homecare Dokter melalui WhatsApp di 0821-2207-7347 atau klik disini untuk memilih layanannya

Artikel ini Disusun Oleh Tim Medis Klinik kirana dan Sudah ditinjau oleh : dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca Proses Editorial Klinik Kirana disini : Proses Editorial

  • Amedisys. 14 Conditions and Illnesses Home Health Care Can Treat. dari https://resources.amedisys.com/how-home-health-care-can-help. Accessed 2/12/2023
  • Concierge MD. What Can An Urgent Care House Call Treat? Diakses pada Desember 2023, dari https://conciergemdla.com/blog/urgent-care-house-call/. Accessed 2/12/2023
  • CNET. 10 health issues you can get treated with an online doctor's appointment, dari https://www.cnet.com/health/skip-the-office-visit-10-health-issues-a-doctor-can-solve-over-a-video-call/. Accessed 2/12/2023
  • EG Healthcare. House Call Sick Visits for Seniors.dari https://eghealthcare.net/house-calls-for-seniors/sick-care/. Accessed 2/12/2023
  • Princeton University Health Services. Common Illnesses.dari https://uhs.princeton.edu/health-resources/common-illnesses. Accessed 2/12/2023
Artikel Terkait
Artikel Terbaru