Manfaat Infus Multivitamin Dalam menjaga Kesehatan

Homecare January 25, 2024 Penulis : Mirna S
Manfaat Infus Multivitamin Dalam menjaga Kesehatan

Di era yang serba cepat ini, menjaga keseimbangan nutrisi sehari-hari sering kali menjadi tantangan. Banyak orang menemukan diri mereka terjebak dalam rutinitas yang padat, di mana asupan nutrisi yang seimbang bisa terabaikan. Akibatnya, tidak jarang kondisi kesehatan menurun akibat kekurangan vitamin dan mineral esensial.

Dalam situasi seperti ini, infus multivitamin muncul sebagai solusi inovatif yang menawarkan cara efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting dengan cepat dan efisien.

Apa itu Infus Multivitamain ?

Infus multivitamin adalah sebuah metode terapeutik di mana kombinasi vitamin dan mineral diberikan langsung ke aliran darah melalui infus intravena. Proses ini memastikan penyerapan nutrisi secara langsung dan efisien, memberikan manfaat yang tidak selalu dapat dicapai melalui asupan oral, terutama pada individu dengan masalah pencernaan atau penyerapan.

Komposisi infus multivitamin biasanya disesuaikan berdasarkan kebutuhan spesifik individu. Umumnya, infus ini mengandung campuran vitamin B, vitamin C, magnesium, kalsium, dan kadang-kadang elemen tambahan seperti antioksidan atau amino asid. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan tingkat energi, mendukung fungsi imun, dan mempercepat pemulihan dari kelelahan atau penyakit.

Apa Perbedaan Infus Vitamin dan Infus Multivitamin?

Pemilihan antara infus vitamin atau infus multivitamin bergantung pada kebutuhan spesifik individu dan kondisi kesehatan mereka. Konsultasi dengan profesional kesehatan adalah langkah penting untuk menentukan pilihan yang paling sesuai.

Perbedaan antara infus vitamin dan infus multivitamin terletak pada komposisi dan tujuan penggunaannya:

  • Infus Vitamin:

    • Infus vitamin biasanya berfokus pada pemberian satu jenis vitamin secara spesifik.

    • Contoh umumnya adalah infus vitamin C, yang sering digunakan untuk mendukung sistem imun atau untuk tujuan antioksidan.

    • Infus jenis ini dipilih ketika ada kebutuhan khusus untuk meningkatkan level vitamin tertentu dalam tubuh, seringkali berdasarkan diagnosis defisiensi vitamin spesifik.
  • Infus Multivitamin:

    • Infus multivitamin mengandung kombinasi berbagai vitamin dan seringkali juga mineral.

    • Ini dirancang untuk menyediakan spektrum nutrisi yang lebih luas, sehingga dapat membantu dalam berbagai situasi seperti pemulihan kesehatan secara umum, peningkatan energi, atau dukungan nutrisi bagi mereka yang mungkin memiliki asupan makanan yang terbatas.

    • Infus multivitamin sering menjadi pilihan ketika tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya untuk mengatasi defisiensi satu jenis vitamin.

Manfaat Infus Multivitamin

Infus multivitamin menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan, khususnya bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam menjaga nutrisi yang seimbang:

  • Peningkatan Penyerapan Nutrisi: Langsung memasuki aliran darah, infus ini menghindari masalah penyerapan yang mungkin terjadi di saluran pencernaan.

  • Dukungan Imunitas: Kandungan vitamin C dan vitamin B dapat membantu meningkatkan sistem imun.

  • Peningkatan Energi dan Vitalitas: Vitamin dan mineral dalam infus membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.

  • Pemulihan Cepat: Baik bagi mereka yang sedang pemulihan dari penyakit atau operasi, memberikan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk proses pemulihan.

Kapan Infus Multivitamin Diperlukan?

Dalam praktek medis, infus multivitamin sering direkomendasikan dalam situasi-situasi berikut:

  • Defisiensi Nutrisi Kronis: Pasien yang menderita defisiensi nutrisi kronis, baik akibat diet yang tidak seimbang, gangguan penyerapan nutrisi, atau kondisi medis tertentu, mungkin memerlukan suplementasi nutrisi tambahan. Infus multivitamin dapat memberikan nutrisi penting secara langsung dan efektif.

  • Kondisi Medis Tertentu: Terdapat beberapa kondisi medis yang menghambat asupan atau penyerapan nutrisi yang cukup dari makanan. Contohnya termasuk penyakit inflamasi usus, penyakit celiac, atau setelah operasi pengangkatan sebagian usus. Dalam kasus ini, infus multivitamin membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi.

  • Pemulihan Pasca Operasi: Pasien yang baru menjalani operasi seringkali membutuhkan nutrisi tambahan untuk mendukung proses penyembuhan. Infus multivitamin dapat mempercepat pemulihan dengan menyediakan vitamin dan mineral esensial langsung ke aliran darah.

  • Kelelahan Kronis dan Stres: Orang yang mengalami kelelahan kronis atau berada di bawah stres berat mungkin mendapat manfaat dari infus multivitamin. Kandungan seperti vitamin B kompleks dan vitamin C bisa membantu meningkatkan energi dan mengurangi dampak negatif stres pada tubuh.

  • Peningkatan Sistem Imun: Dalam beberapa kasus, terutama selama atau setelah penyakit, sistem imun memerlukan dukungan tambahan. Infus multivitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun melalui pemberian vitamin dan mineral yang berperan dalam fungsi imun.

Pesan Layanan Infus di Homecaredokter Kirana

Jika anda malas untuk pergi kerumah sakit atau klinik, kini tak perlu lagi khawatir tentang bagaimana menjaga kesehatan di tengah kesibukan sehari-hari. Dengan Homecaredokter kirana, solusi kesehatan prima ada di ujung jari Anda. Dapatkan kepraktisan, kenyamanan, serta manfaat luar biasa dari layanan infus vitamin langsung di rumah Anda. Profesionalisme tim medis kami siap memenuhi kebutuhan Anda dengan layanan yang personal, aman, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Tunggu apa lagi? Jadikan setiap hari Anda lebih sehat dan penuh energi dengan Homecaredokter kirana. Pesan sekarang, mulai dari 399rb saja Anda bisa mendapatkan layanan infus di rumah

CEK PROMONYA DISINI: PROMO INFUS HOMECARE KIRANA

CEK LAYANAN LAINNYA DISINI: LAYANAN HOMECARE DOKTER KE RUMAH

Artikel ini disusun oleh Mirna S. Tim Medis Klinik Kirana

Sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

  • Han X, Eggett DL, Parker TL. Evaluation of the Health Benefits of a Multivitamin, Multimineral, Herbal, Essential Oil-Infused Supplement: A Pilot Trial. J Diet Suppl. 2018 Mar 4;15(2):153-160. doi: 10.1080/19390211.2017.1331943. Epub 2017 Jul 10. PMID: 28692411. Accessed 25/01/2024
  • Intravenous vitamin injections: where is the evidence? Drug Ther Bull. 2023 Oct;61(10):151-155. doi: 10.1136/dtb.2023.000006. Epub 2023 Aug 28. PMID: 37640530. Accessed 25/01/2024
  • Rabl H, Khoschsorur G, Colombo T, Petritsch P, Rauchenwald M, Költringer P, Tatzber F, Esterbauer H. A multivitamin infusion prevents lipid peroxidation and improves transplantation performance. Kidney Int. 1993 Apr;43(4):912-7. doi: 10.1038/ki.1993.128. PMID: 8479129. Accessed 25/01/2024
  • Peterfreund, R., & Philip, J. (2013). Critical parameters in drug delivery by intravenous infusion. Expert Opinion on Drug Delivery, 10, 1095 - 1108. https://doi.org/10.1517/17425247.2013.785519. Accessed 25/01/2024
  • Oros, D., Penčić, M., Šulc, J., Čavić, M., Stankovski, S., Ostojić, G., & Ivanov, O. (2021). Smart Intravenous Infusion Dosing System. Applied Sciences. https://doi.org/10.3390/APP11020513. Accessed 25/01/2024
  • Brannagan, T., Nagle, K., Lange, D., & Rowland, L. (1996). Complications of intravenous immune globulin treatment in neurologic disease. Neurology, 47, 674 - 677. https://doi.org/10.1212/WNL.47.3.674. Accessed 25/01/2024
Artikel Terkait
Artikel Terbaru