Cek Biaya Panggil Dokter Ke Rumah, Pahami Detailnya Di Sini

Homecare April 17, 2024 Penulis : Mirna S
Cek Biaya Panggil Dokter Ke Rumah, Pahami Detailnya Di Sini

Anda sedang sakit, tetapi tidak bisa beranjak dari rumah untuk pergi ke dokter? Tenang saja, kini anda bisa menerima perawatan dokter langsung dari rumah anda. Layanan homecare doctor atau kunjungan dokter ke rumah pasien diberikan untuk memberi kemudahan pada anda yang memiliki masalah mobilisasi, baik karena tidak ada kendaraan maupun akibat menderita penyakit seperti stroke yang menyebabkan anda tidak bisa bergerak. Lalu, berapa biaya panggil dokter ke rumah?

Apakah bisa memanggil dokter ke rumah, Berapa Biayanya?

Tantu saja Anda bisa memanggil dokter kerumah, baik dokter umum, spesialis atau perawatpun bisa Anda datangkan kerumah. Untuk memanggil Dokter ke rumah Anda hanya perlu memesan layanan homecare di rumah sakit atau klinik terdekat Anda. Namun perlu di ingat jika untuk mendapatkan layanan lebih kemperhensif Anda harus tetap pergi ke rumah sakit atau klinik.

Biaya panggil dokter kerumah dari Homecaredokter By Klinik Kirana mulai Rp 200.000. Namun, sebaiknya anda menyiapkan uang lebih sebanyak 20-30% dari biaya yang diperkirakan. Hal tersebut dikarenakan memungkinkan adanya biaya tambahan yang tidak terduga, seperti tindakan medis dan obat dari dokter. Besaran biaya panggil dokter ke rumah sangat bervariasi karena ada beberapa faktor yang menjadi ikut diperhitungkan. Selain itu, biaya panggil dokter ke rumah juga ditentukan berdasarkan jenis pelayanan kesehatan yang anda pilih.

Mengapa Biaya Panggil Dokter ke Rumah Bervariasi

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa biaya layanan dokter ke rumah bervariasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan biaya panggil dokter ke rumah bervariasi, seperti jarak rumah anda, tindakan medis yang dilakukan, hingga biaya obat yang perlu anda konsumsi. Ketiga faktor tersebut akan sangat memengaruhi biaya yang harus anda keluarkan. Semakin jauh jarak, tindakan yang dilakukan, serta banyaknya obat akan membuat biaya yang anda bayarkan semakin besar.

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Panggil Dokter ke Rumah

Jika anda khawatir biaya yang akan dikeluarkan mahal, anda bisa menghitung biayanya secara mandiri agar memiliki perkiraan berapa dana yang harus disiapkan untuk memanggil dokter ke rumah. Saat memperkirakan besaran biaya panggil dokter ke rumah yang harus anda hitung adalah biaya jarak dan layanan kesehatan yang anda butuhkan, sebab kedua hal itu yang menyebabkan adanya perbedaan harga. 

Perbandingan Biaya Panggil Dokter dengan Biaya Klinik atau Rumah Sakit

Mengenai biaya yang perlu anda keluarkan, anda tidak perlu khawatir sebab perbedaan biaya panggil dokter ke rumah dan biaya klinik atau rumah sakit tidak signifikan. Yang membuat biaya dokter ke rumah terasa lebih mahal adalah karena adanya biaya transportasi. Namun, hal tersebut sebanding dengan apa yang anda dapatkan, sebab anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk mendapat perawatan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Panggil Dokter ke Rumah?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besaran biaya panggil dokter ke rumah. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi.

1. Lokasi

Yang pertama adalah lokasi, jarak lokasi rumah anda dengan tempat dokter bertugas akan sangat mempengaruhi biaya yang akan anda keluarkan, semakin jauh jarak rumah anda maka akan semakin besar pula biaya yang anda keluarkan.

Jika anda ingin memesan layanan Homecare Dokter by Klinik Kirana, anda bisa cek artikel ini untuk mengetahui luas jangkauan wilayah layanan : Jangkauan Layanan Dokter Panggilan Ke Rumah Homecaredokter By Klinik Kirana

2. Spesialisasi Dokter

Faktor selanjutnya adalah spesialisasi dokter. Hal ini selayaknya biaya yang anda keluarkan jika berobat ke rumah sakit atau klinik, yang mana harga dokter umum dengan dokter spesialis untuk mengambil tindakan berbeda. Oleh karena itu, spesialisasi dokter untuk menangani penyakit anda akan mempengaruhi biaya yang anda keluarkan. Jika penyakit yang anda derita tidak termasuk penyakit ringan dan membutuhkan perawatan khusus, maka biayanya akan semakin besar.

3. Waktu Kunjungan

Selain spesialisasi dokter, waktu kunjungan dokter ke rumah juga dapat mempengaruhi besaran biaya dokter ke rumah. Layanan dokter ke rumah yang dilakukan pada malam hari biasanya lebih mahal, karena dokter yang bertugas biasanya lebih sedikit. Oleh karena itu, anda bisa menentukan sendiri kapan waktu kunjungan yang tepat agar sesuai dengan budget yang anda miliki. Jika tidak membutuhkan perawatan segera anda bisa meminta waktu kunjungan dengan harga yang lebih murah.

4. Kondisi Medis Pasien

Kondisi medis pasien saat dokter melakukan kunjungan juga dapat mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Semakin parah kondisi yang diderita oleh pasien, maka biya yang dikeluarkan akan menjadi lebih besar, hal ini dikarenakan dokter membutuhkan penanganan khusus terhadap pasien.

5. Biaya Tambahan

Empat faktor di atas adalah hal yang pasti mempengaruhi biaya panggil dokter ke rumah. Namun, selain keempat faktor tersebut, ada beberapa hal lain yang harus anda siapkan saat memanggil dokter ke rumah. Anda sebaiknya menyiapkan biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga, seperti transportasi dokter, obat yang perlu anda konsumsi, serta tindakan khusus yang perlu dokter berikan untuk menjaga kondisi anda.

Baca disini : Manfaat dan Cara Kerja Suntik Vitamin C bagi Tubuh

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai layanan dokter ke rumah dan berapa biaya yang perlu anda siapkan. Jika saat ini anda sedang merasa sakit, tetapi kesulitan pergi ke dokter karena tidak ada waktu dan mengalami gangguan mobilitas yang membuat anda sulit pergi ke luar rumah, anda bisa menggunakan layanan panggil dokter ke rumah melalui Homecare Dokter yang disediakan oleh Klinik Kirana.

 

Artikel ini disusun oleh Tim Medis Klinik Kirana dan sudah ditinjau oleh: dr. Hadi Purnomo - Kepala Dokter Klinik Kirana

Baca proses editorial Klinik Kirana disini: Proses Editorial

 

 

 

  • Hovlin, Lina, et al. (2022). The role of the home health care physician in mobile integrated care: a qualitative phenomenograpic study. BMC Geriatrics.
Artikel Terkait
Artikel Terbaru